Sukses

Polri Belum Otopsi 3 Napi Tewas di LP Cipinang

Polri belum melakukan otopsi 3 napi yang tewas di Lapas Cipinang beberapa hari lalu. Karena masih tahap penydidikan Polda Metro Jaya.

Polri belum bisa memastikan untuk dapat melakukan otopsi 3 narapidana narkotika yang tewas di Lembaga Pemasyarakan Narkotika Cipinang. Alasannya, saat ini masih tahap penyelidikan Mapolda Metro Jaya. Otopsi ini menyusul tewasnya napi yang diduga saksi terpidana gembong narkoba Freddy Budiman, Jerry Jordan Tuankota.

"Masih tunggu dari Polda Metro Jaya, kalau akan ada langkah-langkah lebih lanjut, pasti koordinasi dengan keluarga," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Humas Mabes Polri, Kombes Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Agus menegaskan, sampai saat ini belum ada tindak lanjut terkait tewasnya 3 jenazah di Lapas Cipinang yakni AA, Jerry Jordan Tuankota dan Agus Sugiono. Kendati,2 dari 3 jenazah tersebut sudah diambil pihak keluarganya.

"Dua jenazah sudah di keluarga oleh Lapas, satu lagi di rumah sakit Polri, Kramat Jati. Perkembangan lain, masih tunggu informasi dari teman-teman yang sedang menyelidiki kasus itu dari Polda Metro Jaya," ungkap dia.

Ada dugaan kejanggalan kematian 3 napi di Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta. Betapa tidak mereka tewas secara bersamaan hanya berselang waktu 1 hari.

Pada Minggu, 1 September napi AA karena menderita HIV. Selang sehari kemudian 2 napi tewas yakni, Jerry Jordan Tuankota dan Agus Sugiono, mereka ditemukan tewas di sel tahanan pada Selasa 3 September 2013.

Namun baik pihak Lapas, Polri, dan Kemenkum HAM membantah penyebab kematian mereka terkait dengan kasus gembong narkoba Freddy Budiman. (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.