Sukses

Napi yang Diduga Saksi Kunci Freddy Budiman Tewas Over Dosis?

"Sakau tidak bisa menyebabkan kematian. Kalau over dosis bisa. Tapi kami tidak bis katakan Jerry meninggal karena over dosis."

Tim dokter Lapas Narkotika Cipinang enggan mengungkapkan penyakit yang diderita Jerry Jordan Tuankota, napi yang meninggal pasa Selasa dini hari 3 September lalu. Penyakit napi yang diduga sebagai saksi kunci kasus gembong narkoba Freddy Budiman itu, tetap misterius.

"Jerry meninggal karena sakit. Sakit apa yang diderita? Kami tidak bisa ungkapkan karena berhubungan dengan rekam medis," kata tim dokter Lapas Narkotika Cipinang, Yusman di Jakarta, Kamis (5/9/2013).

Kondisi ini berbeda dengan napi yang juga meninggal, yakni AA. Yusman menjelaskan AA meninggal karena HIV yang dideritanya. "AA meninggal karena HIV. Sejak masuk di sini, dia sudah mengidap penyakit itu sejak masuk ke lapas," lanjutnya.

Humas Ditjen Pas Akbar Hadi Prabowo mengungkapkan bahwa Jerry meninggal karena sakau atau putus obat. Saat dikonfirmasi, Yusman mengatakan sakau tidak dapat menyebabkan kematian.

"Sakau tidak bisa menyebabkan kematian. Kalau over dosis bisa. Tapi kami tidak bisa katakan Jerry meninggal karena over dosis. Kami hanya bisa katakan dia sakit," terangnya.

Menurut Yusman, Jerry sempat menjalani 3 kali perawatan di dalam lapas. Saat masuk ke lapas pun dia sudah mengalami sakit.

"Dia demam tinggi menggigil. Kami tangani, kami beri pengobatan. Sudah hampir tiga kali sakit dan rasat inap di RS Polri sampai akhirnya meninggal," tutur Yusman. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini