Sukses

Ditjen PAS: Napi yang Meninggal Bukan Saksi Kunci Freddy Budiman

Akbar menegaskan bahwa Freddy Budiman sudah divonis mati dan dipindah ke LP Nusakambangan, Jawa Tengah.

Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Cipinang atas nama Jerry Jordan Tuankota meninggal dunia pada Selasa 3 September sekitar pukul 01.40 WIB. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan membantah Jerry merupakan saksi kunci kasus gembong narkoba yang sudah divonis mati, Freddy Budiman.

"Kami sudah cek ke Bareskrim Polri, tidak ada sangkut pautnya. Lagian Freddy sudah divonis mati," kata Kepala Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Akbar Hadi Prabowo saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (5/9/2013).

Akbar menegaskan, Freddy Budiman sudah divonis mati dan dipindah ke LP Nusakambangan, Jawa Tengah. Jadi, bila memang Jerry disebut-sebut saksi kunci, Akbar bertanya balik, "Kasus yang mana?"

Ataukah Jerry saksi kunci kasus penemuan barang-barang pembuat narkoba di LP Narkotika saat Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin melakukan sidak? "Nggak juga. Toh itu juga sudah terungkap. Tapi yang jelas kami sudah konfirmasi ke Mabes Polri bahwa dia tidak ada kaitannya dengan Freddy," beber Akbar.

Ia menjelaskan, Jerry hanya seorang napi biasa. Statusnya dengan Freddy tak lebih dari sekadar sesama napi di Lapas Cipinang. Jerry merupakan terpidana kasus narkoba yang divonis 5 tahun penjara. Jerry yang tinggal di Jakarta ini masuk dalam bui sejak 26 April 2011.

"Jerry divonis 5 tahun sejak tahun 2009, tapi masuknya 26 April 2011," tegas Akbar. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini