Sukses

Yusril: Yusron Calon Dubes Jepang Bukan <i>Deal</i> Politik

SBY mengusulkan nama dubes baru ke Komisi I DPR, nama Yusron Ihza diusulkan menjadi Dubes RI untuk Jepang.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengusulkan nama-nama baru untuk menjadi Duta Besar (Dubes) ke Komisi I DPR. Salah satu nama yang diajukan itu adalah adik kandung dari mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Yusril Ihza Mahendra yakni Yusron Ihza. Yusron diusulkan menjadi Dubes RI untuk Jepang.

Menanggapi hal tersebut, Yusril menjelaskan pencalonan adiknya lantaran keahliannya berbahasa dan penguasaan jaringan Yusron di Jepang tak perlu diragukan lagi. Karena itulah, Yusril menilai Yusron pantas untuk mendapatkan posisi itu.

Bukan karena deal politik. Apalagi, setelah tak menjabat sebagai Mesesneg, Yusril kerap mengkritisi kebijakan pemerintah.

"Jadi Yusron bukan diangkat jadi Dubes karena dia adik saya, atau karena ada deal khusus atau ada deal antara PBB dengan Partai Demokrat," kata Yusril  dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (3/9/2013).

Yusril menegaskan, pencalonan Yusron murni inisiatif Presiden SBY sejak lama. Bahkan sebelum Jusuf Anwar diangkat jadi dubes di Jepang. Hal itu telah diproyeksikan Presiden SBY karena Yusron memiliki kemampuan, kecakapan dan keahliannya dalam memahami budaya dan sistem politik Jepang. "Yusron memang pantas untuk itu," ujar mantan Menteri Kehakiman ini.

Selain Yusron, sejumlah nama pejabat juga turut mengisi perombakan posisi Dubes yang diajukan oleh SBY. Di antaranya Suprapto Martosetomo sebagai Dubes Indonesia untuk Afrika Selatan, Yuli Mumpuni sebagai Dubes Indonesia untuk Spanyol, serta Fauzi Bowo atau Foke untuk Jerman.

Berikut daftar nama yang dikabarkan mengisi posisi baru Duta Besar Indonesia untuk negara Asia dan Eropa, dalam ajuan SBY:

1. Fauzi Bowo - Dubes Jerman
2. Suprapto Martosetomo - Dubes Afsel
3. Yuli Mumpuni - Dubes Spanyol
4. Yusron Ihza - Dubes Jepang
5. Budi Bowoleksono - Dubes Amerika Serikat
6. Linggawaty Hakim - Dubes Swiss
7. Komjen Pol (Purn) Ito Sumardi - Dubes Myanmar
8. Letjen TNI Jhony Lumintang - Dubes Philipina
9. Yuwono A Putranto - Dubes Norwegia
10. Raudin Anwar - Dubes Libya
11. Abdurrahman M Fachir - Dubes Arab Saudi
12. Jose Antonio Morato Tavares - Dubes New Zealand
13. Irmawan Emir Wisnandar - Dubes Laos
14. Sugeng Rahardjo - Dubes China
15.Burhanuddin - Dubes Sudan
16. Nurul Qomar - Dubes Brunei Darussalam;
17.Gary Rachman Makmun Jusuf - Dubes Fiji
18.Rahmat Pramono - PTRI Asean
19.Diar Nurbiantoro - Dubes Rumania
20. Mulya Wirana - Dubes Portugal
21. Pitono Purnomo - Dubes Kamboja
22. Moenir Ari Soenanda - Dubes Peru

(Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini