Sukses

Foke Jadi Dubes RI di Jerman, Jubir Kemenlu Belum Bisa Jelaskan

Presiden SBY mengusulkan nama-nama baru untuk menjadi Duta Besar ke Komisi I DPR, termasuk Foke.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau Foke dikabarkan akan didaulat sebagai Duta Besar (Dubes) RI untuk Jerman. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengusulkan nama-nama baru untuk menjadi Dubes ke Komisi I DPR, termasuk Foke.

Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Michael Tene belum dapat memberikan keterangan terkait hal tersebut. "Saya saat ini tidak bisa konfirmasi info tersebut," kata Tene lewat pesan singkat kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I Ramadan Pohan menyatakan Foke dipilih karena paham tentang seluk-beluk Jerman. "Pengetahuan dan daya kultur Jerman juga kuat. Pengalaman beliau ini akan memudahkan Indonesia dalam mencapai target sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah," ungkap Ramadhan.

Menurut informasi yang beredar, selain Foke ada sejumlah nama pejabat lain juga turut mengisi perombakan posisi Dubes tersebut. Di antaranya Suprapto Martosetomo sebagai Dubes Indonesia untuk Afrika Selatan, Yuli Mumpuni sebagai Dubes Indonesia untuk Spanyol, dan Yusron Ihza Mahendra --adik dari ahli hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra-- sebagai Dubes Indonesia untuk Jepang.

Meski telah santer diberitakan, namun hingga saat ini pihak Istana belum memberikan klarifikasi atas beredarnya informasi perombakan para Dubes tersebut. (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini