Sukses

TPU Kampung Mangga Dibongkar Tak Beralasan, Kondisi Berantakan

Ahli waris yang jenazah keluarganya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Mangga mengeluhkan pembongkaran.

Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Utara membongkar Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Mangga, Kelurahan Tugu Utara, Tanjung Priok. Ahli waris mengeluhkan kondisi makam yang berantakan akibat pembongkaran itu pada Rabu 27 Agustus 2013 malam.

"Sampai sekarang saya juga nggak tahu alasan pembongkaran. Dibongkarnya pas malam-malam. Nah Jumat pagi banyak yang ziarah terus lihat keadaan makam berantakan. Pada ngeluh dan protes sampai akhirnya kemaren warga marah," kata petugas Parkir Makam, Marlon (32), Jakarta Utara, Senin (2/9/2013).

Marlon menuturkan, pihak ahli waris saat Sabtu 31 Agustus sempat diajak bertemu dengan Dinas Pertamanan untuk berunding perihal proses perbaikan. Namun tetap tak ada penjelasan terkait pembongkaran tersebut.

"Di pertemuan itu pihak pertamanan juga gak kasih alasan kenapa dibongkar waktu itu. Janjinya senin ini mulai diperbaiki. Ahli waris menunggu jelasnya kapan. Kalau tidak segera dibereskan kita akan berdemo," tambah Marlon.

Pantauan Liputan6.com, makam di TPU Kampung Mangga masih menjadi tontonan ahli waris dan warga sekitar. Banyak tumpukan batu bekas pembongkaran juga masih menumpuk di atas makam. Ahli waris yang datang berziarah pun mengambil inisiatif untuk merapihkan kembali bongkahan makam keluarga mereka yang berantakan. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini