Sukses

Cegah Money Politic Pilwakot Tangerang, Deddy Miing Sebar Satgas

Kecurangan yang biasa terjadi di tiap Pilkada adalah permainan politik uang.

Kecurangan yang biasa terjadi di tiap Pilkada adalah permainan politik uang. Salah satu kandidat Pilwakot Deddy 'Miing' Gumelar yang akan bertanding besok pun berusaha mengantisipasi kecurangan seperti demikian.

"Kami sudah buat satgas anti money politic. Kami bergerak nanti malam, gerak inteljen. Jadi, jangan berani lakukan money politic, kami sudah sebar orang," kata Miing saat ditemui Liputan6.com di Miing Center, Karawaci, Tangerang, Jumat (30/8/2013)

Miing pun menegaskan, moral masyarakat akan semakin bobrok bila ada pemimpin yang membeli kemerdekaan berdemokrasi dengan uang. Hingga saat ini, lanjut Miing, tercatat ada 23 laporan kecurangan yang sudah dilaporkan ke Panwaslu Banten.

"Dari laporan itu harus didalami Panwaslu dengan benar. Mereka harus objektif, karena bertanggungjawab pada kami, masyarakat, juga pada Allah," tegasnya.

Selain itu, Miing juga mengerahkan 3.600 saksi untuk mengawasi kecurangan dalam pemilihan besok. Pukul 17.00 WIB, para saksi tersebut diberikan pengarahan agar berani memprotes bila terjadi sebuah kesalahan.

"Mereka yang jadi saksi saya, pakai kaos kerah warna putih merah," ujar mantan pelawak itu.

Pilwakot Tangerang yang diadakan besok akan dijaga oleh 1.386 polisi. Dengan 1.161.855 orang yang memiliki hak pilih, yang dapat menggunakan haknya di 2.938 TPS yang tersebar dalam 13 kecamatan. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.