Sukses

Cari Pelaku Kematian 2 Singa dan 1 Harimau, 5 Petugas Diperiksa

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi periksa 5 petugas penjaga 2 singa Afrika, Gebo dan Sonia, serta harimau Sumatera Peter.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi sampai saat ini belum dapat mengungkap oknum yang diduga meracuni dua ekor singa Afrika, Gebo dan Sonia, serta harimau Sumatera, Peter, penghuni Kebun Binatang Taman Rimba Jambi. Saat ini petugas berwajib tengah memeriksa 5 saksi.

"Kami sedang memeriksa 5 saksi. Mereka adalah 2 pemasok daging, 2 sekuriti, dan 1 keeper (penjaga kandang)," ujar Pelaksana Harian Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi Nurzaman saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (27/8/2013).

Kendati, Nurazman menegaskan, sampai saat ini pihaknya belum menemukan pelaku yang diduga telah meracuni tiga binatang langka itu dengan racun untuk anjing liar berjenis Striknin.

"Sampai sekarang masih melakukan penyelidikan, belum dapat menemukan pelaku sebenarnya," ujarnya.

2 ekor singa Afrika dan seekor harimau Sumatra di Kebun Binatang Taman Rimba Jambi mati diracun. Penyebab kematian 3 hewan itu terkuak setelah petugas melihat hasil laboratorium.

"Kematian hewan tersebut positif diracun. Sampel organ hewan tersebut dibawa ke laboratorium di Bukittinggi, Sumatra Barat, dan dinyatakan terkena racun jenis triegmin," kata Konsultan Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, Wisnu Wardana, Senin 26 Agustus. (Rmn/Yus)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.