Sukses

[VIDEO] Warga Asing Ikut Festival Silat Minang

Ratusan pesilat dari berbagai daerah dan manca negara mengikuti festival dan Jambore Silat Minang Internasional di Solok, Sumatera Barat.

Ratusan pesilat dari berbagai daerah dan manca negara mengikuti Festival dan Jambore Silat Minang Internasional di Solok, Sumatera Barat. Selain mendalami silat minang, para pesilat asing juga tampil bersilat.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (21/8/2013), berlatar Bukit Barisan, Pedalaman Solok dan iringan khas tabuhan musik talempong, para pendekar silat beraksi.

Anak-anak pun tak kalah piawai bersilat. Lihat saja sergapan kaki sembari terbang sangat mudah dilakukan para bocah. Selain bocah, sejumlah pesilat asing pun unjuk kebolehan meliukkan tubuh jangkungnya dalam bersilek (silat). Aksi bule tersebut pun mendapat sambutan meriah warga.

"Saya ingin mencari tahu silat Minang lebih dalam. Ini pengalaman menakjubkan menjadi bagian Festival Silek," kata Cormac Mc Carthy, pesilat asal Irlandia.

Seratusan pendekar silat berkumpul di Jambore dan Festival Silek Tradisional Minang hingga 29 Agustus, termasuk 12 pendekar silat dari Inggris, Irlandia, India, dan Jamaika.

Bersama 8 perguruan silat yang ada di Sumatera Barat, hadir atraksi silat Minang seperti silek tuo, silek kumango, dan pertandingan antar-perguruan. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.