Sukses

Anggaran Bus Tingkat Rp 10 M, Ahok: Murah

Pemprov DKI Jakarta akan kembali mengaktifkan bus bertingkat. Moda transportasi ini pernah hilang di jalanan Ibukota sejak 1990-an.

Pemprov DKI Jakarta akan kembali mengaktifkan bus bertingkat. Moda transportasi ini pernah hilang di jalanan Ibukota sejak 1990-an.

Tak tanggung-tanggung 5 unit bus bertingkat atau double-deck itu akan didatangkan ke Jakarta pada Oktober-November mendatang. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan sudah menyediakan anggaran Rp 10 miliar untuk pengadaan bus itu.

"Anggaran tahun ini udah ada. Rp 10 miliar kalau nggak salah. Murah," kata Ahok sambil tertawa di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (14/8/2013).

Ahok menjelaskan, pengadaan untuk 1 bus dianggarkan Rp 2 miliar. Jika dibandingkan dengan bus Transjakarta, 1 armada dianggarkan Rp 4 miliar. Ahok pun menilai bus tingkat itu jauh lebih murah dan hemar daripada bis gandeng Transjakarta.

Ahok mengatakan bahan bakar bis tingkat itu kemungkinan menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG). Kemudian untuk desainnya Pemprov DKI akan memilih warna mencolok.

"Yang ngejreng. Yang model `Enjoy Jakarta` dong. Jakmania. Gratis. Kita mau gratiskan. Akhir tahun ini. Lagi tender. Kayaknya sih BBG semua. Karena Perda kita BBG. Itu juga akan membuat pengendara motor semua kita yakin akan melepaskan motornya. Naik, keliling," kata Ahok. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini