4 Ribu Tiket KA Tersedia di Stasiun Senen untuk H+1

Oleh Andi Muttya Keteng pada 06 Agu 2013, 16:32 WIB
Diperbarui 06 Agu 2013, 16:32 WIB
stasiun-senen-130802b.jpg
Perbesar
Bepergian pulang kampung dengan menggunakan kereta api masih menjadi favorit bagi sebagian besar pemudik. Hal ini terlihat dengan banyaknya pemudik yang masih memenuhi Stasiun Senen maupun Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Petugas Stasiun Pasar Senen, Rachmat Wijaya, mengungkapkan seluruh tiket sebelum dan pada hari Lebaran telah ludes dipesan. Meski demikian, masih banyak pemudik yang memilih menggunakan kereta api setelah Lebaran. Saat ini, sekitar 4 ribu tiket masih tersedia pada H+1 Lebaran yakni mulai 8-12 Agustus 2013.

"H+1 masih ada tiketnya. Total 4 ribu tiket hingga 12 Agustus untuk semua kelas," ujar Rachmat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2013).

Sementara itu, Rachmat menambahkan, untuk kelas Ekonomi AC sendiri tujuan Tegal masih tersedia sekitar 500 tiket dan sekitar 254 tiket untuk tujuan Yogyakarta. Sedangkan tiket tujuan Jawa Tengah telah habis terjual.

Namun, ia menambahkan jumlah tersebut tidak dapat dipastikan bertahan lama. Karena melihat jumlah permintaan para penumpang yang terus mengalami kenaikan. Untuk tiket yang dibatalkan, akan langsung dimasukkan ke dalam jumlah tiket yang tersedia sehingga perubahan jumlah ketersediaan tiket terus berubah.

Karena itu, Rachmat mengimbau masyarakat bisa melakukan pembelian di lokasi-lokasi terdekat. Tidak harus di stasiun, sebab saat ini sudah tidak ada lagi layanan pembelian tiket di stasiun KA.

"Tidak ada penjualan tiket secara langsung di loket stasiun tapi melalui pemesanan di tempat yang tersedia. Jumlah tiket berputar terus. Jadi langsung beli saja," kata Rachmat. (Adi/Yus)