Ada Pabrik Ekstasi di LP Tanjung Gusta? Menkumham: Tidak Benar!

Oleh Oscar Ferri pada 06 Agu 2013, 15:12 WIB
Diperbarui 06 Agu 2013, 15:12 WIB
amir-130713b.jpg
Perbesar
Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menepis kabar yang menyebut ada pabrik ekstasi di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tanjung Gusta, Medan, Sumatra Utara. Amir menegaskan, tidak ada fakta seperti itu sebagaimana informasi yang beredar.

"Itu informasi yang tidak benar. Tidak ada fakta seperti itu," kata Amir di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2013).

Kendati demikian, Amir tidak menampik adanya temuan narkoba usai relokasi napi pasca-bentrok. Juga ditemukan senjata tajam yang kemudian disita oleh petugas.

"Dari pemberitaan dikatakan ada penyitaan beberapa narkoba, rinciannya berapa perlu dirinci lebih lanjut. Di waktu bersamaan, setelah dilakukan penyisiran ditemukan benda-benda berbahaya seperti besi-besi atau senjata tajam yang sempat mereka miliki sebelum kejadian," kata politisi Demokrat ini.

Hingga saat ini, sebanyak 109 dari 212 napi yang kabur dalam kerusuhan pada 12 Juli lalu itu telah ditangkap. Namun 4 orang di antaranya, yang merupakan napi kasus teroris, masih dalam pengejaran.

Selain memakan korban jiwa, kerusuhan Lapas Tanjung Gusta juga mengakibatkan sejumlah kerusakan di beberapa bangunan lapas usai dibakar dan dirusak oleh lebih dari 2.000 napi. (Ism)

Live Streaming

Powered by