Mudik dengan Kendaraan Umum, Wakapolsek Gambir: Curiga Dikitlah!

Oleh Andi Muttya Keteng pada 05 Agu 2013, 13:55 WIB
Diperbarui 05 Agu 2013, 13:55 WIB
mudik-bus-130805b.jpg
Perbesar
Bagi Anda yang akan mudik menggunakan transportasi umum khususnya kereta api, Ada baiknya lebih waspada. Hal itu dimaksudkan agar para pemudik terhindar dari tindakan kriminal.

"Intinya peningkatan kewaspadaan. Semuanya, penumpang dan polisi juga. Curiga-curiga dikit lah. Kalau ada yang aneh, minggir saja. Waspada," imbau Wakapolsek Gambir Kompol Kasmono, di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2013).

Para pemudik, lanjut dia, harus siap menjaga keselamatan diri sendiri. Di samping itu, apabila ada orang asing yang mencoba menawarkan makanan atau minuman sebaiknya tidak diterima, sebab umumnya modus itu digunakan untuk pembiusan.

Yang tidak kalah penting adalah menjaga barang bawaan. Kasmono pun memngingatkan para penumpang yang akan mudik, untuk tidak sembarangan menitipkan barang kepada orang yang baru ditemui.

"Balik lagi, tasnya udah hilang pasti. Tapi jangan sampai (itu terjadi). Hingga hari ini nggak ada tindakan kriminal di Stasiun Gambir, juga tidak ada laporan dari pemudik. Jadi jangan sampai ada kejadian yang tidak diinginkan," papar Kasmono.

Untuk penjagaan keamanan di Stasiun Gambir selama masa mudik Lebaran yang dilakukan sejak 30 Juli 2013 lalu, sekitar 184 personel telah disiagakan. Mereka merupakan pasukan pengamanan gabungan dari polsek, satpam, pramuka, dan polisi khusus kereta api (Polsuska), yang ditempatkan di beberapa titik di stasiun.

Petugas keamanan gabungan itu berjaga-jaga di ruang tunggu penumpang, pintu masuk, loket, sepanjang lantai 1 dan 2, parkiran, dan peron. (Tnt/Mut)