Kursi Tunggu Penuh, Pemudik di Gambir Gelar Koran

Oleh Andi Muttya Keteng pada 05 Agu 2013, 10:57 WIB
Diperbarui 05 Agu 2013, 10:57 WIB
suasana-st-gambir-130805b.jpg
Perbesar
H-3 Lebaran, jumlah pemudik di sejumlah Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, terus meningkat. Tercatat jumlah penumpang kereta api di Stasiun Gambir sudah mencapai 6.667 orang.

Pantauan Liputan6.com, ruang tunggu stasiun dipadati ratusan penumpang yang akan mudik ke berbagai kota ke Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur, mengantre di loket. Sebagian besar penumpang hanya menukarkan tiket pemesanan (booking) dengan tiket kereta api yang mereka pesan jauh hari sebelumnya.

Beberapa penumpang lain, rombongan keluarga atau kerabat tampak menunggu duduk di atas gelaran koran di depan lobi stasiun. Seorang penumpang, Faris (37), mengaku memilih menggelar koran karena kursi tunggu yang tersedia penuh.

"Banyak orang. Kursinya nggak cukup. Jadi sama keluarga duduk di sini saja," ujar Faris di Stasiun Gambir, Senin (5/8/2013).

Faris yang membawa serta istri dan kedua anaknya itu menunggu jadwal keberangkatan kereta Cirebon Ekspres sejak pukul 08.00 WIB. Sedangkan kereta tujuan Cirebon itu dijadwalkan berangkat pukul 11.00 WIB.

"Ya, saya tinggal di Cijantung. Cepat datang. Mending nunggu 1-2 jam, daripada terlambat. Dapat tiketnya di sini, ya berangkat dari sini. Saya beli seminggu lalu," imbuh Faris.

Sementara, Sulis (59), warga Jalan Pecenongan, mengaku sudah berada di stasiun Gambir sejak pukul 06.00 WIB. Ia sedang menunggu suaminya yang masih mencari tiket ke Semarang. Karena itu, ia memilih tidur-tiduran beralaskan koran di lobi.

"Dari tadi pagi-pagi sekali. Sampai tidur di sini (atas koran). Bapak lagi cari tiket," kata Sulis.

Hingga saat ini, para penumpang terlihat masih sibuk berlalu lalang. Beberapa petugas keamanan stasiun mau pun TNI- Polri berjaga-jaga di sekitar stasiun. (Adi/Yus)