[VIDEO] Demi Mudik, Tol Semarang-Solo Dibuka Meski Belum Selesai

Oleh Eko Huda Setyawan pada 01 Agu 2013, 13:44 WIB
Diperbarui 01 Agu 2013, 13:44 WIB
tol-semarang130801b.jpg
Perbesar
Di hari ke tujuh menjelang Lebaran, arus kendaraan di Jalur Lintas Timur Sumatra mulai dipadati pemudik. Sementara, sejumlah ruas jalan di Pulau Jawa juga mulai dipadati pemudik, seperti di Jalur Pantai Utara Jawa.

Liputan 6 SCTV, Kamis (1/8/2013) memberitakan, sepekan menjelang Lebaran, ruas Jalan Lintas Timur Palembang Indralaya, Sumatra Selatan, sudah dipadati kendaraan pemudik. Penumpukan kendaraan terjadi berkilo-kilo meter karena jalan yang sempit dilewati kendaraan dengan volume yang jauh lebih besar.

Sedangkan di Pulau Jawa, Tol Palikanci atau Palimanan-Kanci setiap tahun sudah siap melayani para pemudik. Setiap Lebaran, Tol Palikanci menjadi jalur terpadat setelah Tol Cikampek. Dibanding hari biasa, peningkatan pengguna tol mencapai 360%. Sedang dibanding tahun lalu, untuk arus mudik dan arus balik, diperkirakan naik 2% dengan jumlah kendaraan hingga 40 ribu lebih.

Di Sragen, Jawa Tengah, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan dan kemacetan arus lalu lintas di tengah ruas jalan Kota Sragen, petugas Dinas Perhubungan Sragen memasang tanda penunjuk arah di beberapa persimpangan. Sedikitnya terdapat 42 penunjuk arah yang dipastikan dapat membatu calon para pemudik untuk memilih jalur yang akan dilaluinya.

Gubernur Jateng membuka ruas Tol Semarang-Solo yang belum selesai dikerjakan. Khusus ruas Ungaran-Bawen, mulai Rabu 31 Juli malam sudah bisa dilalui untuk jalur mudik. Pemudik yang melalui jalur ini tidak dikenai biaya apapun atau gratis. (Eks/Sss)