[VIDEO] Perbaikan Jalan di Jalur Mudik Dikebut

Oleh Liputan6 pada 20 Jul 2013, 04:50 WIB
Diperbarui 20 Jul 2013, 04:50 WIB
perbaikan-jalan-130720a.jpg
Perbesar
Jelang arus mudik lebaran 2013, jalan di berbagai daerah mulai dikebut proses perbaikannya. Hal ini dilakukan agar para pemudik dapat lancar selama perjalanan dan tidak terjadi kecametan akibat jalan rusak.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (20/7/2013), perbaikan jalan mendapat perhatian dari seluruh komponen pemerintahan di setiap derah. Polisi Resor Purwakarta, Subang, dan Karawang menyiagakan personel di 5 titik Jalan Pantura yang masih dalam perbaikan. Sementara, Bina Marga setempat berjanji perbaikan jalan selesai pada 30 Juli.

Dalam kondisi tertentu, sistem pengalihan arus akan diberlakukan. Polisi  juga akan melakukan sosialisasi kepada para pemudik. Tahun lalu, tercatat jumlah kendaraan roda dua dan empat yang menggunakan jalur utara, tengah, dan selatan mencapai 6,7 juta unit.

Sementara di Kota Bandar Lampung, pemerintah dan kontraktor harus segera menuntaskan perbaikan jalan lintas Sumatera (Jalinsum)-Soekarno Hatta. Sebab, sudah berbulan-bulan perbaikan jalan itu  belum juga tuntas.

Apalagi menjelang arus mudik tahun ini, dipastikan kondisi Jalinsum memicu terjadinya kemacetan panjang. Perbaikan Jalinsum-Soekarno Hatta sepanjang kurang lebih 18 kilometer menelan dana lebih dari Rp 200 miliar.

Kerusakan parah juga masih terlihat di ruas jalur Pantura di jalur lingkar utara Pemalang, Jawa Tengah. Jalur sepanjang lebih dari 5 km tersebut saat ini kondisinya masih rusak dan sempit. Proyek perbaikan baru akan rampung 3 bulan setelah lebaran. Sejumlah ruas jalur alternatif juga dalam masa perbaikan karena kondisi jalan rusak parah. (Don/Mut)