Sukses

Buruh Riau Dukung Jumhur Hidayat Ikut Konvensi Capres PD

Berbagai elemen buruh di Riau, Jumat (19/7/2013) menyatakan dukungan kepada Kepala NP2TKI Jumhur Hidayat, untuk berlaga sebagai capres.

Berbagai elemen buruh di Riau, Jumat (19/7/2013) menyatakan dukungan kepada Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat, untuk berlaga sebagai Calon Presiden 2014, melalui konvensi Partai Demokrat. Jumhur dipandang sebagai sosok muda yang potensial.

"Pemerintah saat ini tidak berkutik menghadapi tekanan pengusaha dan ancaman hengkangnya investor asing. Kondisi perburuhan nasional sekarang juga berada di ujung tanduk karena politik nasional tidak berpihak kepada kepentingan buruh," kata Koordinator Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia Wilayah Riau, Patar Sitanggang.

Ratusan buruh yang melakukan deklarasi dukungan itu tergabung dalam Aliansi Buruh Riau terdiri dari KSBSI (Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia), Gaspermindo, FPE (Federasi Pertambangan dan Energi) SBSI, NIKEUBA (Serikat Pekerja Niada Keuangan dan Perbankan) SBSI, Federasi Serikat Buruh KAMIPARHO (Pekerja Makanan Minuman Pariwisata dan Hotel) SBSI, serta FPKUI (Federasi Pekerja Konstruksi Umum Informal) SBSI.

Seluruhnya telah membacakan deklarasi dan menandatangani deklarasi untuk disampaikan kepada Partai Demokrat Provinsi Riau.

Patar mengatakan, selama ini hak-hak buruh banyak terabaikan. Banyak buruh yang hanya dipekerjakan menjadi pekerja kontrak dan outsourcing. "Secara politis, posisi tawar buruh dimata pemerintah dan pengusaha sangat lemah. Ini menyebabkan buruh menjadi objek kebijakan, bukan sebagai subjek kebijakan," jelas Patar.

Ia mengatakan, kaum buruh di Riau akan meminta kepada Plt Ketua DPD Provinsi Riau Achmad untuk menyampaikan aspirasi tersebut kepada DPP Partai Demokrat di Jakarta.

Secara terpisah, Jumhur mengatakan dirinya mengaku memahami bahwa kaum buruh tidak mau lagi dikecil-kecilkan. Menurutnya, kaum buruh punya pemikiran dan ide yang bagus untuk disumbangkan pada negara dan bangsa Indonesia.

"Sungguh, ini suatu hasrat dan motivasi yang membuat saya semakin terpanggil untuk bersama-sama kaum buruh baik dalam bentuk apapun atau kesulitan apapun," ungkap Jumhur.

Sebelumnya, berbagai organisasi buruh telah menyampaikan dukungan untuk Jumhur mengikuti agenda konvensi capres Partai Demokrat, seperti dilakukan di Bandung, Minggu 7 Juli lalu dan di Tanjung Priok, Jakarta pada Kamis 18 Juli. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.