Sukses

Atasi Maraknya Blokade Jalan, Hatta Rajasa: Saya Juga Mau Turun

Menurut Hatta, akar masalah kerapnya aksi blokade jalan itu harus dicari untuk kemudian diselesaikan dengan cara-cara yang baik.

Aksi blokade jalan marak dilakuan sejumlah pihak dalam sepekan terakhir. Akibatnya, kemacetan pun tak terelakkan. Kondisi ini membuat aktivitas warga terganggu. Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, aparat harus menindak tegas aksi tersebut agar tidak marak terjadi.

"Kalau tidak, ini akan berulang terus dan tidak baik bagi ekonomi kita dan masyarakat," tegas Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa saat akan mengikuti acara buka puasa bersama di Istana Negara, Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Menurut Hatta, akar masalah kerapnya aksi blokade jalan itu harus dicari untuk kemudian diselesaikan dengan cara-cara yang baik. "Pemerintah sudah punya mekanisme untuk menyelesaikan semua sengketa, semua produk hukum sudah ada. Termasuk untuk pembebasan lahan, sudah ada," tuturnya.

Yang penting, lanjut dia, aparat di daerah baik gubernur atau bupati harus turut mencari solusi dan tak berpangku tangan. "Kalau tidak bisa juga, kita turun. Saya juga mau turun untuk kepentingan masyarakat," pungkas Hatta.

Blokade jalan yang baru saja terjadi di jalan Tol Cikampek. Puluhan warga sekitar menutup kedua arah ruas tol di titik KM 44, tepatnya di kawasan Karawang Barat, Jawa Barat.

Dalam aksinya, warga meneriakkan keluhannya soal aksi serobot tanah milik mereka yang dilakukan salah satu perusahaan properti. Massa mengancam tak akan beranjak dari tol sebelum Kapolda Jabar Irjen Pol Suhardi Alius mendatangi lokasi aksi. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini