Sukses

Jelang Ramadan, Truk Mengular 2,5 Km di Pelabuhan Merak

Sejauh mata memandang barisan truk menyemut terlihat di Pelabuhan Merak, Banten.

Sejauh mata memandang barisan truk menyemut terlihat di Pelabuhan Merak, Banten. Truk ekspedisi tujuan Pulau Sumatera itu mengular sepanjang 2,5 kilometer hingga ke kawasan Cikuasa Atas. Untuk menampung ribuan kendaraan yang ingin menyeberang ke Lampung ini, sebanyak 5 dermaga di Pelabuhan Merak pun dibuka.

"Kami terus berupaya mengatasi antrean truk ini dengan penambahan kapal 'roll on roll of' atau roro sebanyak 27 armada," ujar Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi Oetomo, Merak, Banten, Sabtu (6/7/2013).
     
Tingginya volume kendaraan yang datang ke Pelabuhan Merak dari berbagai daerah di Pulau Jawa secara bersamaan dinilai Mario sebagai penyebab antrean panjang ini. Selain itu, adanya perbaikan pekerjaan di pertigaan arah pintu Tol Merak juga mempersendat laju kendaraan.

Tak cuma truk. Mario menuturkan, baik penumpang pejalan kaki maupun penumpang yang berkendara dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni mengalami peningkatan belakangan ini. Jumlah penumpang meningkat sebesar 70 persen jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

"Meningkatnya penumpang ini akibat menjelang Ramadan. Umumnya banyak masyarakat bersilatuhrahmi dengan anggota keluarga di kampung halamannya. Oleh karena itu, kemungkinan antrean kendaraan terus berlanjut sampai Minggu (7/7)," ujarnya.

"Kami terus berupaya agar seluruh penumpang maupun kendaraan berjalan lancar," tutur Mario. (Ant/Rmn/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.