Sukses

Bahkan `Swing Voters` Pilih Jokowi Jadi Presiden

Yang tak kalah menariknya, suara mengambang atau swing voters sekalipun juga memilih Jokowi menjadi Presiden.

Survei yang digelar Indonesia Research Center (IRC) menghasilkan nama Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi masih menjadi jawara bila pemilihan Presiden dilakukan saat survei. Yang tak kalah menariknya, suara mengambang atau swing voters sekalipun juga memilih Jokowi menjadi Presiden.

"Yang menarik, swing voters di Pemilu Legislatif sebagian besar menyatakan akan mendukung Jokowi," kata Direktur IRC Agus Sudibyo, dalam rilis survei di gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2013).

Survei yang digelar IRC dilakukan pada Mei 2013. Pengambilan contoh survei menggunakan metode wawancara tatap muka. Margin of error dari survei ini plus minus 2,3% dengan tingkat kepercayaan 95%. Survei yang dilakukan melibatkan 1.800 responden.

Tetapi, Agus tidak merinci berapa jumlah swing voters yang mendukung Jokowi. Tetapi, dari survei bila pilpres digelar hari ini maka Jokowi berada di urutan teratas. Sementara suara swing voters yang menjawab tidak tahu sebanyak 10% dan menjawab rahasia mencapai 8,9%.

Kendati begitu, Jokowi tidak sepenuhnya didukung pemilih dari PDIP. Karena masih banyak loyalis yang mendukung Megawati Soekarnoputri. Hal lain yang dinilai menarik adalah Jokowi juga didukung penduduk dari luar Jawa. "Di luar Jawa 28,4%, Jawa 22,8%," kata mantan anggota Dewan Pers ini.

Berikut hasil lengkap survei IRC:
1. Jokowi 24,8%
2. Prabowo Subianto 14,8%
3. Aburizal Bakrie 7,9%
4. Megawati Soekarnoputri 5,5%
5. Wiranto 3,9%
6. Mahfud MD 3,7%
7. Dahlan Iskan 3,5%
8. Rhoma Irama 2,7%
9. Hary Tanoesoedibjo 2,3%
10. Ani Yudhoyono 2%

(Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini