Sukses

Survei IRC: Jokowi Presiden, Ical Cuma Sepertiganya

Indonesia Research Centre (IRC) menggelar survei capres. Hasilnya, bila survei digelar hari ini, Jokowi menang (lagi).

Satu hari, dua survei capres. Keduanya menghasilkan nama Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi menjadi jawara survei capres. Selain survei yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), survei capres digelar Indonesia Research Centre (IRC).

"Tren elektabilitas Jokowi cukup meyakinkan," kata Direktur IRC Agus Sudibyo, dalam rilis survei di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2013).

Pertanyaan survei juga masih sejenis. Bila Pemilihan Presiden digelar hari ini, responden akan memilih siapa. Hasilnya, Jokowi meraih 24,8%, mengalahkan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sedangkan Aburizal Bakrie atau Ical hanya mendapat sepertiga raihan suara Jokowi.

Berikut hasil lengkap survei IRC:
1. Jokowi 24,8%
2. Prabowo Subianto 14,8%
3. Aburizal Bakrie 7,9%
4. Megawati Soekarnoputri 5,5%
5. Wiranto 3,9%
6. Mahfud MD 3,7%
7. Dahlan Iskan 3,5%
8. Rhoma Irama 2,7%
9. Hary Tanoesoedibjo 2,3%
10. Ani Yudhoyono 2%

Ada nama tokoh lain yang juga disebut, tetapi tingkat keterpilihannya masih di bawah 1%. Nama-nama tokoh itu yakni Hatta Rajasa, Surya Paloh, Sri Mulyani, Anis Matta, Rustriningsih, Puan Maharani, Yusril Ihza Mahendra, Gita Wirjawan, Djoko Suyanto, Hidayat Nur Wahid, dan Sutiyoso.

"Bila nama-nama tokoh lain ini digabung, jumlahnya 8,4%," ujar Agus.

Survei yang digelar IRC dilakukan pada Mei 2013. Pengambilan contoh survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan wawancara tatap muka. Margin of error dari survei ini 2,3% dengan tingkat kepercayaan 95%. Survei yang dilakukan melibatkan 1.800 responden. (Ism/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini