Sukses

Rotani-Ubay Ali Resmi Dilantik

Mereka sempat gagal menjabat bupati dan wakil bupati Merangin, Jambi, karena diduga terlibat politik uang. Pelantikan hanya dihadiri Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin dan Wakil Ketua DPRD Merangin Joni Gani Ahmad.

Liputan6.com, Merangin: Pasangan Rotani Yutaka dan Ubay Ali dilantik sebagai Bupati Merangin dalam sebuah resepsi di Gedung DPRD Jambi, Jumat (8/8). Aneh. Prosesi pelantikan tanpa didahului Sidang Paripurna Istimewa DPRD seperti lazimnya. Acara hanya dihadiri Gubernur Jambi Zulkifli Nurdi dan Wakil Ketua DPRD Merangin Jon Gani Hamid. Ketua DPRD Merangin Karim Hasan dan dua wakil ketua lainnya absen. Penjagaan keamanan di sekitar gedung pun termasuk ketat.

Dalam sambutannya Jon Gani menegaskan, meski tanpa Sidang Paripurna, pelantikan dianggap sah sesuai Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri tertanggal 1 Agustus 2003. SK ini menyebutkan bahwa Rotani-Ubay Ali sah menjabat bupati dan wakil bupati Merangin.

Usut punya usut. Ketidakhadiran sejumlah petinggi legislatif Kabupaten Merangin dipicu rasa tidak puas saat pemilihan Rotani dan Ubay. Karim Hasan menilai proses pemilihan cacat hukum karena tiga anggota DPRD Merangin telah menerima suap [baca: Tiga Anggota DPRD Merangin Mengaku Disuap]. Hal ini membuktikan terjadinya money politic untuk menggolkan Rotani-Ubay. Sebab itulah, Karim tak mengakui kepemimpinan bupati Merangin dan wakilnya yang sekarang.(KEN/Suhatman Pisang)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini