Sukses

Salat Ied di Beberapa Daerah Berlangsung Aman

Pelaksanaan salat Ied di Banjarmasin, Jambi, dan Bandung berlangsung khidmat. Di Kota Yerusalem, muslim Palestina memenuhi Baitul Maqdis sejak pagi hari.

Liputan6.com, Banjarmasin: Pelaksanaan salat Ied di sejumlah daerah di Tanah Air berlangsung khidmat. Sejak pagi, ribuan umat muslim berbondong-bondong memenuhi masjid dan lapangan terbuka guna menghadiri salat Ied. Kendati begitu, sejumlah aparat keamanan tetap siaga untuk menjaga kemungkinan buruk yang mungkin saja terjadi. Dari pemantauan SCTV di Banjarmasin,

Kalimantan Selatan, suasana mendung yang menyelimuti kota itu tidak menjadi penghambat bagi kaum muslimin untuk mengikuti salat Ied di Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Sedikitnya sepuluh ribu umat memadati masjid termegah di Kalsel itu. Menteri Kehutanan Nurmahmudi Ismail yang bertindak sebagai imam dan khotib mengatakan bahwa berbagai peristiwa bencana yang terjadi akhir-akhir ini adalah peringatan akan datangnya bencana yang lebih besar, yakni dalam bentuk kehancuran tatanan kehidupan bangsa Indonesia.

Hal itu terjadi karena pada masa silam, bangsa Indonesia telah mengabaikan orang-orang yang datang untuk memberikan peringatan baik secara lisan maupun tulisan. Sedangkan di Kota Jambi, kendati tidak ada aksi peledakan maupun teror bom, pelaksanaan salat Ied juga diliputi rasa was-was. Ratusan aparat keamanan disiagakan di setiap sudut kota. Bahkan, di depan Masjid Agung yang menjadi pusat pelaksanaan salat Ied disiagakan pasukan Gegana yang dilengkapi alat pendeteksi dan penjinak bom. Meski begitu, puluhan ribu umat muslim Jambi tetap memenuhi masjid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Bandung

Di Kota Bandung, Jawa Barat, kendati sehari sebelumnya sempat diguncang ledakan bom, pelaksanaan salat Ied tetap berjalan aman. Warga kota dengan khusuk melaksanakan salat di masjid, langgar, mushala, dan lapangan terbuka. Berbeda dengan daerah lain, sholat Ied di Lapangan Gazebo berlangsung tanpa pengamanan yang khusus. Sementara itu, puluhan ribu warga muslim di Timur Tengah juga merayakan Hari Raya Idul Fitri dalam situasi aman, termasuk salat Ied di Masjidil Aqsa.

Di Kota Yerusalem, warga Palestina muslim berkumpul sejak terbit fajar untuk salat Ied di Baitul Maqdis. Ibadah yang menandai berakhirnya bulan Ramadhan ini dilakukan dalam suasana aman. Padahal, tentara Israel melakukan penjagaan ketat. Pemimpin Palestina Yasser Arafat hadir di antara jamaah salat Ied di Kota Gaza itu. Usai salat, Arafat beserta rombongan melakukan ziarah ke makam para prajurit Palestina.

Pada hari kedua Idul Fitri esok, Arafat dijadwalkan akan bertolak menuju Kairo, Mesir, untuk perundingan dengan Perdana Menteri Israel Ehud Barak. Sementara itu, Idul Fitri di Lebanon dirayakan dengan acara menjenguk warga negara mereka yang meringkuk dalam tahanan Israel. Semula mereka berharap akan dibebaskan tepat di Hari Raya ini sesuai dengan perundingan antara Hisbullah dan Israel, namun karena satu dan lain hal, rencana itu akhirnya batal.(ULF/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.