Sukses

Asal 7 Sumber Mata Air di Acara Siraman Kaesang Pangarep

tujuh air disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang.

Liputan6.com, Jakarta Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep menggelar prosesi siraman menjelang pernikahannya dengan Erina Gudono yang diselenggarakan, Sabtu 10 Desember 2022. Proses siraman digelar di Sumber, Kota Surakarta Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022).

Berdasarkan siaran pers yang diterima, prosesi siraman dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran Rakabuming Raka selaku perwakilan keluarga.

Adapun tujuh sumber mata air tersebut yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging. Kemudian, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo.

Ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang.

Sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Gendong Kaesang

Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

Prosesi siraman juga dilakukan di kediaman calon mempelai wanita, Erina Gudono, di daerah Sleman, Yogyakarta pada Jumat hari ini.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina Gudono akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022.

Selanjutnya, acara tasyakuran atau resepsi akan dilangsungkan di Pura Mangkunegaraan, Minggu 11 Desember 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.