Sukses

Gendongan dan Suapan Jokowi untuk Kaesang di Rangkaian Prosesi Siraman

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, menjalani prosesi siraman di kediaman, Sumber, Kota Surakarta Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022).

Liputan6.com, Solo - Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, melanjutkan rangkaian prosesi pernikahannya dengan Erina Gudono. Kaesang menjalani prosesi siraman di kediaman, Sumber, Kota Surakarta Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022).

Berdasarkan siaran pers yang diterima, prosesi diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Jokowi di depan kediaman. Setelah itu, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sungkeman sekitar pukul 08.15 WIB.

Kaesang kemudian bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya. Tak lama berselang, Kaesang bersama kedua orang tuanya berjalan menuju kediaman Sumber.

Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu.

Setibanya di kediaman, prosesi siraman dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga.

Tujuh sumber mata air tersebut yaitu Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo.

Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang.

Sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

Baca juga: Tangis Kaesang Pangarep Saat Sungkeman dan Siraman Jelang Pernikahan

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suapan Terakhir

Selepas itu, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

Prosesi siraman juga dilakukan di kediaman calon mempelai wanita di daerah Sleman, Yogyakarta pada hari ini.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina Gudono akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022. Selanjutnya, acara tasyakuran atau resepsi akan dilangsungkan di Pura Mangkunegaraan, Minggu 11 Desember 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.