Sukses

Kejagung Jadi Lembaga Hukum Paling Dipercaya Publik

Hasil survei Poltracking menyebutkan, Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadi lembaga hukum yang paling dipercaya publik. Sebab, nilainya mencapai 60,6%.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei Poltracking menyebutkan, Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadi lembaga hukum yang paling dipercaya publik. Sebab, nilainya mencapai 60,6%.

Daripada lembaga-lembaga serumpun lainnya, publik juga paling puas dengan kinerja Kejagung. Angkanya menembus 59,7%.

"Ini tingkat kepuasan (publik) terhadap lembaga hukum, kita kelompokkan," ucap Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yudha, dalam paparannya secara daring, Kamis (8/12).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berada di peringkat kedua. Tingkat kepercayaan publik terhadap instansi antirasuah mencapai 58,5%, sedangkan kepuasan 56,7%.

Sementara itu, Polri berada di urutan ketiga dengan level kepercayaan 52,6%. Adapun tingkat kepuasan publiknya 52%.

Secara umum, kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di bidang hukum mencapai 62,9%. Detailnya, sangat puas 7,3%, puas 55,6%, kurang puas 24,8%, sangat tidak puas 4,2%, dan tidak menjawab 8,1%.

"Tetap di atas 60%. Sebelum-sebelumnya di bawah 60%," kata Hanta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Survei ini digelar pada 21-27 November 2022 dengan melibatkan 1.220 WNI yang telah memiliki hak pilih sebagai responden. Penentuan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Sementara itu, toleransi kesalahan riset Poltracking Indonesia sekitar 2,9%. Adapun tingkat kepercayaannya 95%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.