Sukses

Keunggulan Erick Thohir Dinilai Bisa Kerek Elektabilitas Prabowo Jika Duet di Pilpres 2024

Dia menyebut latar belakang Prabowo di dunia militer menjadi lengkap bila berpasangan dengan Erick Thohir. Lantaran Erick Thohir sebagai professional yang mempunyai kinerja mumpuni.

 

Liputan6.com, Jakarta Rekam jejak mentereng Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi modal berharga untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024. Lebih dari itu, segudang keunggulan yang dimiliki Erick Thohir dapat mengerek elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Peneliti Indikator Politik Indoensia Bawono Kumoro menilai sebagai seorang menteri Erick Thohir miliki banyak kelebihan untuk memimpin Indonesia ke depan. Kepemimpinan Erick Thohir di BUMN terbukti sukses membuahkan dampak postif besar bagi masyarakat.

Kondisi demikian, dia menambahkan, tentu menjadi bekal berharga bagi Prabowo jika berduet pada kontestasi Pilpres nanti. Terlebih Prabowo dikenal sebagai figur yang memiliki ketegasan dalam memimpin.

“Karakter ketegasan dimiliki oleh sosok Prabowo Subianto dilengkapi dengan karakter kecakapan komunikasi dimiliki oleh Erick Thohir,” kata Bawono di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Kondisi demikian, nenurut dia, menjadikan karateristik Prabowo dan Erick Thohir juga sangat disukai masyarakat. Ditambah lagi keduanya dinilai telah banyak menghadirkan kebijakan demi kebermanfaatan terhadap masyarakat.

Dia menyebut latar belakang Prabowo di dunia militer menjadi lengkap bila berpasangan dengan Erick Thohir. Lantaran Erick Thohir sebagai professional yang mempunyai kinerja mumpuni.

“Latar belakang sebagai tokoh partai politik dimiliki oleh Prabowo Subianto dilengkapi latar belakang nonpartai politik dimiliki oleh Erick Thohir," ujarnya.

Berdasarkan temuan survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan periode 30 Oktober - 5 November 2022. Elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres melejit didaftar lima besar teratas dengan angka elektabilitas sebesar 9,6 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efektif dan Solutif

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah kepemimpinan Erick Thohir sudah dilakukan peleburan dan perampingan, untuk mencapai perusahaan yang akuntabel, profesional, dan transparan.

Terkait hal ini, Anggota Lingkar Studi Hukum dan Informasi Anton Sulton mengatakan, bahwa apa yang dilakukan Erick adalah cerdas dan visioner, mengingat kondisi ekonomi seperti saat ini.

"Langkah-langkah strategis yang dimaksud adalah reformasi birokrasi di kemetrian BUMN sekaligus upaya perampingan BUMN sehingga terciptanya kinerja birokrasi yang efektif dengan meningkatkan efisiensi dan resiliensi BUMN, serta memperkuat kerangka tata kelola perusahaan," kata dia dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).

Menurut dia, sebagai seorang menteri, Erick berhasil mengurangi perspektif dominan ekplorasi sumber daya alam menuju eksplorasi sumber daya manusia dan keberpihakannya kepada pengembangan UMKM.

"Terbukti, kerja sama Menteri BUMN dengan Menteri Koperasi dan UMKM tentang optimalisasi belanjar BUMN untuk produk UMKM yang sudah terealisasi," jelas Anton.

Selain itu, soal reformasi birokrasi yang dilakukan Erik, jelas selaras dengan Peta Jalan BUMN 2020–2024 yang menyeluruh dan ambisius, yang memperkenalkan serangkaian reformasi untuk mentransformasikan BUMN dan memastikan kontribusinya terhadap cita-cita Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi pada 2045.

"Begitulah solusi atau cara Erick Thohir dalam menjalankan tugasnya sebagai Menteri BUMN, cerdas dalam menangkap semua hal penting yang dibutuhkan negara dengan membaca kecenderungan dan dinamika hari ini, serta arah masa depan dengan menciptakan langkah-langkah strategis," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.