Sukses

Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina, Jokowi Pulang ke Solo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pulang kampung halaman ke Solo, Jawa Tengah menjelang prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pulang kampung halaman ke Solo, Jawa Tengah menjelang prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Pantauan Liputan6.com, pada Kamis petang (8/12/2022), iring-iringan mobil Presiden Jokowi tiba di kediaman pribadinya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo sekitar pukul 17.55 WIB.

Jokowi tampak naik mobil sedan Mercedes Benz dengan pelat nomor RI 1. Setelah tiba di depan rumah pribadinya, Presiden Jokowi langsung turun dan masuk ke rumah.

Presiden Jokowi tiba di kediaman pribadinya setelah acara pengajian menjelang acara pernikahan Kaesang dan Erina selesai. Meski demikian sejumlah tamu undangan pengajian masih tampak belum meninggalkan lokasi acara.

Rencananya kepulangan Presiden Jokowi untuk mengikuti rangkaian prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Setelah acara pengajian, acara akan dilakukan dengan prosesi adat siraman yang digelar di rumah pribadi Presiden Jokowi pada Jumat besok. Rencananya siraman akan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Sementara itu Ibu Negara Iriana Jokowi telah lebih dulu tiba di Solo sejak dua pekan lalu untuk mengurus berbagai persiapan pernikahan putra bungsunya itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Erick Thohir dan Gibran Cek Persiapan Pernikahan Kaesang- Erina di Pura Mangkunegaran

Persiapan Pura Mangkunegaran sebagai tempat pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah hampir rampung. Dua hari jelang acara, Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (8/12/2022).

Erick Thohir tiba di Pura Mangkunegaran sekitar pukul 11.39 WIB. Ia didampingi Wali Kota Solo yang juga juru bicara pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, Gibran Rakabuming Raka.

Terlihat Erick dan Gibran langsung mengecek satu per satu venue fasilitas pendukung untuk prosesi pernikahan di Pura Mangkunegaran. Mereka juga mengecek panggung pelaminan Kaesang dan Erona. Setelah itu mereka mengecek lokasi stan katerin untuk jamuan makan dan minum untuk tamu undangan. Pengecekan dilakukan selama satu jam .

Erick mengaku persiapan untuk prosesi tasyakuran pernikahan di Pura Mangkunegaran saat ini sudah hampir selesai.

"Persiapan sudah mencapai 80 persen," kata dia di Pura Mangkunegaran Solo, Kamis, 8 Desember 2022

Seperti diketahui, tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina digelar di Pura Mangkunegaran pada Minggu, 11 Desember 2022.

Sebelum resepsi, mereka akan menjalani tradisi ngunduh mantu di Loji Gandrung. Kemudian pasangan manten baru ini bakal dikirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

3 dari 4 halaman

Pengajian Khataman Al-Qur'an Awali Rangkaian Pernikahan Kaesang-Erina

Rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan calon istrinya Erina Gudono dimulai Kamis (8/12/2022). Rangkaian diawali dengan pengajian yang digelar di rumah calon mempelai wanita di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, dalam acara pengajian tersebut digelar semaan Al-Qur'an atau tradisi membaca dan menyimak pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Pihak keluarga mengundang sejumlah santri dari pondok pesantren serta para tetangga dan kerabat dekat keluarga mempelai.

Erina Gudono tampak duduk diapit oleh sang ibu Sofiatun Gudono dan kakaknya Allen Gudono. Erina tampak anggun mengenakan pakaian berwarna abu muda, lengkap dengan kain penutup kepala berwarna senada.

Pakde Erina yang mewakili pihak keluarga mengatakan khataman 30 juz Al-Qur'an dilakukan oleh 15 tim. Adapun masing-masing tim mengkhatamkan dua juz.

"Ngaji itu kita khataman, semaan 30 juz, terdiri atas 15 tim, nanti satu tim itu dua juz. Durasi kurang lebih maksimal dua jam selesai. Setelah itu tutup doa," ujar Muhaimin.

4 dari 4 halaman

Disiapkan Air untuk Siraman

Dalam pengajian tersebut, juga disiapkan air yang akan digunakan dalam prosesi siraman besok. Pihak keluarga berharap dengan pengajian tersebut seluruh rangkaian prosesi pernikahan Kaesang dan Erina bisa berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan.

"Di situ ngaji itu ada air yang untuk siraman, didoakan, mudah-mudahan semuanya barokah, aman," ungkapnya.

"Air untuk siraman, separuh dikirim ke Solo, separuh untuk Erina di sini setelah dicampur dari beberapa sumber," sambung Muhaimin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.