Sukses

Pura-Pura Numpang Toilet, Perampok Gasak Uang dan Rokok di Minimarket Sunter

Alih-alih buang air kecil di toilet, pelaku justru menodongkan pisau ke pegawai minimarket. Pelaku kemudian mengikat korban dan menggasak uang, rokok, hingga ponsel korban.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perampok beraksi di sebuah minimarket di kawasan Sunter, Tanjung Priok Jakarta Utara. Modusnya, pelaku berpura-pura menumpang ke toilet.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, peristiwa perampokan minimarket ini terjadi pada Selasa, 6 Desember 2022 sekira pukul 06.11 WIB.

Zulpan menerangkan, pelaku datang tak lama setelah karyawan membuka minimarket. Saat itu, pelaku meminta izin untuk menggunakan toilet. Alih-alih buang air, pelaku malah menyandera karyawan minimarket berinisial AD (22) itu.

"Seorang laki-laki tak dikenal numpang toilet, lalu keluar dari toilet pelaku menodongkan pisau dan meminta kunci brangkas. Korban katakan tidak memegang kunci tersebut, karena hanya kasir. Pelaku lalu mengikat tangan korban dan kaki korban dengan menggunakan lakban bening, mulut korban juga dilakban," kata Zulpan dalam keterangan tertulis, Kamis (8/12/2022).

Dia menerangkan, pelaku merampas telepon genggam milik karyawan minimarket dan uang Rp2,5 juta. Tak puas, pelaku turut menggasak senjumlah rokok pelbagai merek dari etalase minimarket.

"Pelaku mencuri rokok merk Sampoerna A Mild, Gudang Garam Filter Merah 12 unit, Djarum LA Ice Purpleboost 16 unit, Esse Blue 20 unit, Malboro Filter Black, 20 unit senilai Rp2.188.223," ujar dia.

Kejadian itu telah dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Utara. Kerugian yang ditanggung korban mencapai Rp 7.088.223.

"Kasus perampokan ditangani Satreskrim Polres Metro Jakut," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Perampok Spesialis Minimarket di Bekasi Ditangkap

Sebelumnya, polisi mengamankan dua orang spesialis perampok minimarket di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin 5 Desember 2022. Kedua tersangka diamankan ketika hendak melarikan diri ke Medan, Sumatera Utara.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan kedua tersangka, JT (23) dan HH (25), sebelumnya merampok dua minimarket pada waktu berdekatan.

Perampokan pertama terjadi di minimarket Jalan MT Haryono, Desa Burangkeng, Setu, Sabtu 23 November 2022. Tak berselang lama, kedua tersangka beraksi lagi di minimarket Jalan Raya Lambangsari, Tambun Selatan, Bekasi pada Senin 25 Desember 2022.

Gidion menjelaskan, tersangka awalnya masuk ke dalam minimarket saat situasi sedang sepi. Tersangka JT kemudian menutup rolling door, sementara HH mengancam kasir dengan pisau.

Tersangka kemudian dengan leluasa mengambil uang tunai yang berada di laci, ponsel karyawan, berbagai macam rokok dan scanner. Selanjutnya para tersangka langsung melarikan diri.

"Motif para tersangka, yakni terdesak ekonomi," kata Gidion kepada awak media, Selasa (6/12/2022).

Pihak kepolisian yang mendapat laporan kemudian melakukan penyelidikan dengan memeriksa TKP dan sejumlah saksi. Tim lalu mendapat informasi, tersangka berada di daerah Tangerang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.