Sukses

KNPI Masukan Nama Erick Thohir di Bursa Cawapres 2024

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) memasukkan nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai salah satu calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) memasukkan nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai salah satu calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Hal terungkap dalam Rapat Pleno IV DPP KNPI tentang Cawapres. Ketua Organisasi DPP KNPI Choir Syaripudin mengatakan, masuknya nama Erick dipengaruhi beberapa faktor.

Pertama, Erick dinilai berkinerja baik saat memimpin Kementerian BUMN.

"Pak Erick Thohir juga memiliki kompetensi mumpuni sebagai seorang pemimpin. Sehingga, hal itu menjadi faktor keunggulan Erick Thohir yang tidak dimiliki oleh figur lainnya," kata Choir, Selasa (6/12/2022).

Selain itu, lanjut dia, Erick juga disukai milenial. Sebab, menempatkan talenta muda berbakat di BUMN mengisi pos-pos strategis di perusahaan negara.

"Pak Erick Thohir banyak mendorong pemimpin-pemimpin muda masuk dalam direksi di berbagai perusahaan BUMN. Ini cocok sekali dengan KNPI sebagai basis wadah keberhimpunan organisasi kepemudaan," kata Choir.

Oleh karena itu, Choir menilai, Erick akan mendapatkan dukungan dari kelompok milenial, pemilih pemula, pada Pemilu 2024.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Nilai Erick

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai oleh Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi sebagai pemimpin yang berkomitmen kepada umat Islam di Indonesia. Terbukti selama mengemban amanah sebagai orang nomor satu di Kementerian BUMN, Erick Thohir banyak berkontribusi memajukan peradaban Islam di Indonesia.

"Komitmen Pak Erick Thohir terhadap umat dan masyarakat ekonomi lemah tidak diragukan lagi," tutur Viva Yoga kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Pria kelahiran Lamongan, Jawa Timur ini mengatakan berkat Erick Thohir, Indonesia memiliki Bank Syariah Indonesia (BSI). BSI dapat berdiri berkat gagasan orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut menyatukan bank-bank syariah milik negara.

Tak berhenti sampai di situ, Erick Thohir kemudian menggagas banyak program agar kemaslahatan umat Islam di Indonesia meningkat. Program-program ini di antaranya adalah Santripreneur, Pesantrenpreneur, Beasiswa Santri, Santri Magang di BUMN dan Pertashop khusus Pesantren.

Selain itu, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut juga berkontribusi mendirikan 250 Badan Usaha Milik NU (BUMNU) yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini adalah hasil kerja sama antara Kementerian BUMN dan NU untuk mewujudkan kemandirian umat Islam di Indonesia.

Di samping itu, Erick Thohir juga mengemban amanah dari Wapres KH Ma'ruf Amin sebagai Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Sebagai Ketum MES, ia mengekspor biji kopi ke negara lain yakni Oman dan Mesir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.