Sukses

PKS Ajak Gerindra Gabung Koalisi Perubahan, Dasco: Mengapa Tak Ikut Bersama Kami?

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad merespon soal ajakan PKS untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan bersama NasDem dan Demokrat.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad merespon soal ajakan PKS untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan bersama NasDem dan Demokrat. Dia mengatakan, pihaknya selalu terbuka untuk berkomunikasi perihal koalisi termasuk dengan PKS.

"Kami tidak menutup kemungkinan partai-partai untuk bergabung dalam koalisi yang sudah kami bentuk dengan PKB. Dan pada saat ini juga kami masih melakukan penjajakan-penjajakan terhadap beberapa partai tentunya," kata Dasco, saat diwawancarai di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Kendati demikian, dia menilai alangkah lebih jika PKS lah yang bergabung dengan koalisi Gerindra dan PKB. Sebab, Gerindra sudah jelas langkah kedepan dan dari hasil rapat pimpinan nasional (Rapimnas) bahwa pada Pemilu 2024 mengusung Prabowo menjadi capres.

"Kalau ada yang mau mengajak kita bergabung, kita balik aja, mengapa enggak ikut bergabung bersama kami?," ucapnya.

"Karena kita sudah jelas dan pasti bahwa amanat rapimnas Partai Gerindra capresnya Pak Prabowo," tambah Dasco.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Koalisi PKS-Gerindra Tetap Terbuka

Diberitakan sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengajak balik Partai Gerindra untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan Partai NasDem. Sebab, dinamika Politik pada saat Pemilu 2014 dan 2019, akan berbeda dengan Pemilu 2024.

"Peluang koalisi PKS dengan Gerindra tetap terbuka, namun posisi saat ini tentu berbeda dengan 2014 dan 2019," kata Juru Bicara (Jubir) PKS M. Kholid, saat dikonfirmasi, Senin (6/12/2022).

"Kalau 2014 dan 2019 kami kan sudah pernah mendukung Pak Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Gerindra, nah untuk 2024 saatnya bergantian. Giliran Gerindra yang kami ajak untuk ikut pilihan dari PKS nanti jika nanti Koalisi Perubahan jadi dideklarasikan," sambungnya.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.