Sukses

Cuaca Hari Ini Senin 5 Desember 2022, Jabodetabek Diprediksi Hujan Saat Sore

Cuaca mendung juga menaungi sebagian daerah penyangga Jakarta pagi ini, yaitu Bogor, Bekasi serta Depok. Terkecuali Tangerang diprediksi cerah berawan.

Liputan6.com, Jakarta Cuaca berawan atau mendung menyelimuti seluruh wilayah Ibu Kota pagi hari ini, Senin (5/12/202). Namun, siang nanti dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan diguyur hujan ringan hingga sedang.

Sebagian wilayah Jakarta Timur dan selatan juga diperkirakan BMKG berpotensi hujan diselingi petir hingga malam hari. 

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir di sebagian wilayah Jaktim dan Jaksel pada sore dan malam hari," kata BMKG diperingatan dini cuaca hari ini, Senin.  

Cuaca mendung juga menaungi sebagian daerah penyangga Jakarta pagi ini, yaitu Bogor, Bekasi serta Depok. Terkecuali Tangerang diprediksi cerah berawan.

Lewat peringatan dini cuaca, BMKG juga mengungkap potensi hujan lebat dibarengi petir untuk ketiga kota di atas. Yaiu, Bogor, Depok, dan Bekasi pada siang hingga malam. 

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat /petir antara siang hingga malam hari di wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi," imbau BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Selatan  Berawan  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Jakarta Timur  Berawan  Hujan Sedang  Hujan Sedang
 Jakarta Utara  Berawan  Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu  Berawan  Berawan Tebal  Berawan Tebal
 Bekasi   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Depok   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
Bogor Berawan Hujan Sedang Hujan Ringan
Tangerang Cerah Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Bencana, Heru Budi Imbau Warga DKI Jakarta Pantau Potensi Cuaca Ekstrem

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau masyarakat terus memantau potensi cuaca ekstrem dari sumber resmi untuk mengantisipasi ancaman bencana alam.

"Kami imbau tetap waspada dan dengan kondisi cuaca atau pun alam yang tidak bersahabat, selalu melihat informasi dari BMKG dan informasi cuaca lainnya," kata Heru di Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu 4 Desember 2022. 

Terlebih, lanjut dia, Jakarta tidak lepas dari ancaman bencana karena ada jalur patahan bumi bernama Sesar Baribis di selatan Ibu Kota.

Namun, Heru menyampaikan, dampak pergerakan tanah di Jakarta cukup kecil. 

"Jadi, informasinya di Jakarta kecil dampaknya dan mudah-mudahan tidak terjadi," kata Heru.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi pergerakan tanah di 10 titik tersebar di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Desember 2022.

"Kepada lurah, camat dan masyarakat untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Kamis (1/12).

10 titik yang disebutkan adalah Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu dan Pesanggrahan.

3 dari 3 halaman

Wilayah Rawan

Pada zona itu, kata Isnawa, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Isnawa menuturkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memetakan beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di zona menengah diperkirakan terjadi pergerakan tanah. Pada zona tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Dia menjelaskan perkiraan wilayah potensi terjadi pergerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.