Sukses

Erick Thohir Dipandang Banyak Menuai Keberhasilan, Bawa BUMN Lebih Baik

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir disebut banyak menuai keberhasilan selama memimpin lembaganya.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir disebut banyak menuai keberhasilan selama memimpin lembaganya.

Hal ini disebut layak untuk dipertimbangan sebagai calon wakil presiden dalam kontestasi Pilpres 2024.

Koordinator Lembaga Kajian Pembangunan Sulawesi Selatan, Hasbi Lodang mengatakan, bagaimana di tahun 2021 selain berhasil meningkatkan laba bersih BUMN, juga mampu menggabungkan sejumlah BUMN menjadi holding.

"Keputusan pengangkatan tenaga profesional mencerminkan tujuan Erick Thohir untuk menerapkan nilai-nilai inti Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) sebagai landasan utama dalam prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik ( Good Corporate Governance (GCG) ) di BUMN," kata dia dalam keterangannya, Senin (5/12/2022).

Selain itu, efisiensi dan profesionalisme tersebut diwujudkan dengan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hasbi juga menyebut, dibawah kepemimpinan Erick, Kementerian BUMN juga mencatatkan skor tertinggi dalam sejarahnya untuk Sistem Merit bagi Aparatur Sipil negara (ASN) dan mendapat peringkat Kementerian dan Lembaga Pemerintah terbaik.

"Pencapaian monumental lainnya yang berhasil didesain Erick Thohir adalah keberhasilannya melebur bank-bank syariah milik negara menjadi sebuah entitas bernama Bank Syariah Indonesia atau BSI," jelas dia.

Menurutnya, BSI kini muncul menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia, terlebih semakin dekat menjadi pemain global setelah membuka kantor perwakilan di Dubai.

Hasbi juga menyebut banyak sudah dilakukan Erick, seperti menggabungkan empat BUMN menjadi satu Pelindo, dan menjadi salah satu operator terminal peti kemas terbesar di dunia.

"Penggabungan ini juga bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dan efisiensi guna menurunkan biaya logistik nasional dalam upaya lebih mendorong daya saing sektor industri Indonesia," jelas dia.

 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dekat dengan NU

Di sisi lain, Erick juga dikenal dengan Nahdlatul Ulama (NU). Ia adalah anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

"selain itu, Ia banyak terlibat dengan program pondok pesantren dan santri," jelas dia.

"Memang keluarga Erick Thohir peduli dengan kegiatan keagamaan dan kepentingan umat. Contoh lain yang bisa jadi bukti adalah Masjid At Thohir yang berdiri megah di Los Angeles, Amerika Serikat merupakan kontribusi keluarga Erick Thohir untuk masyarakat muslim Indonesia domisili Los Angeles," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.