Sukses

Jokowi Tunjuk Gibran dan Anwar Usman Jadi Jubir Pernikahan Kaesang dan Erina

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman ditunjuk Presiden atau Jokowi sebagai jubir di Acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina S. Gudono.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai juru bicara di Acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina S. Gudono. Rencananya prosesi resepsi pernikahan akan digelar di Yogyakarta dan Solo.

“Juru bicaranya nanti Mas Gibran Rakabuming dan yang kedua, Pak Anwar Usman nggih,” kata Presiden Jokowi usai mengikuti rapat terakhir persiapan pernikahan Kaesang dan Erina di Ndalem Wuryoningratan, Solo, Minggu (4/12/2022)

Seperti diketahui kedua nama tersebut merupakan keluarga Presiden Jokowi. Gibran Rakabuming Raka yang menjadi Wali Kota Solo itu sebagai putra sulung Presiden Jokowi. Sedangkan Anwar Usman yang merupakan Ketua MK adalah suami dari adik kandung Presiden Jokowi, Idayati.

Presiden Jokowi menunjuk Gibran menjadi juru bicara untuk acara pernikahan bukan pertama kalinya. Saat acara pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution pada 2017 silam, mantan Wali Kota Solo itu juga menunjuk putra sulungnya itu sebagai jubir pernikahan tersebut.

Ketika dimintai konfirmasinya terkait penunjukan sebagai juru bicara acara pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran hanya membalas satu kata melalui layanan pesan instan WhatsApp. “Duh,” tulisanya.

Sementara itu saat pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda pada 2015 lalu, Presiden Jokowi menunjuk salah satu pamannya, Setyawan Prasetyo sebagai juru bicara. Setyawan merupakan adik kandung dari mendiang ibunda presiden, Sujiatmi Notomiharjo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran

Adapun prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono tidak digelar di gedung Graha Sabha Buana melainkan di Pura Mangkunegaran, Solo.

Presiden Jokowi pun membeberkan alasan terkait lokasi pernikahan berbeda dengan pernikahan kedua kakaknya yang digelar di gedung milik keluarganya tersebut.

"Karena gedungnya kepakai," kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai mengikuti rapat terakhir persiapan prosesi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono di The Soga Eatery yang terletak di sebelah timur Ndalem Wuryoningratan, Minggu (4/12/2022).

Jokowi mengakui pihak keluarga kalah cepat untuk memesan tanggal untuk pernikahan Kaesang-Erina di Graha Sabha Buana. Pada tanggal tersebut, gedung serba guna milik keluarga Presiden Jokowi yang beralamat di Jalan Letjen Suprapto telah dipesan orang lain.

"Sepertinya kita kan punya gedung sendiri yang dulu apa, Mas Gibran dan Mbak Ayang (menikah) di situ tapi sudah dibooking masyarakat yang lain. Ya kita kan nggak bisa, masak harus mentang-mentang gedungnya sendiri langsung disuruh pindah harinya atau pindah gedung kan nggak bisa. Saya kira memang itu alasannya," jelas mantan Wali Kota Solo itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.