Sukses

Jokowi Sebut Persiapan Pernikahan Kaesang dan Erina Sudah 99 Persen

Presiden Jokowi mengungkapkan jika semua persiapan untuk prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang dengan Erina telah siap.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti rapat terakhir persiapan pernikahan anak ketiganya, Kaesang Pangarep dengan Erina S. Gudono di Ndalem Wuryoningratan di komplek House of Danar Hadi Solo pada Minggu (4/12/2022). Berdasarkan hasil rapat tersebut, Jokowi menyatakan persiapan untuk prosesi pernikahan telah siap dilakukan.

Diketahui, Jokowi menghadiri rapat didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Sedangkankan Wali Kota Solo yang juga putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka datang terlambat dalam rapat persiapan akhir tersebut.

Selain Presiden Jokowi, rapat itu juga dihadiri Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjiatan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Rapat tersebut berlangsung lebih dari dua jam.

Usai mengikuti rapat tersebut, Presiden Jokowi pun membeberkan hasilnya. Mantan Wali Kota Solo itu mengungkapkan jika semua persiapan untuk prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang dengan Erina Gudono telah siap.

“Persiapannya sudah 99 persen. Alhamdulillah, semuanya dipersiapkan dengan baik,” kata dia kepada wartawan di resto The Soga Eatery yang terletak di sebelah timur Ndalem Wuryoningratan, Minggu (04/12/2022).

Menurut dia, dari hasil rapat terakhir yang diikutinya itu bahwa persiapan untuk prosesi akad nikah di Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022) telah siap. Setelah dari Yogyakarta, selang sehari berikutnya akan digelar tasyakuran resepsi pernikahan yang diadakan di Solo pada Minggu (11/12/2022).

“Keberangkatan untuk kirabnya dari Loji Gandrung ke Mangkunegaran. Nanti tasyakuran (Mangkunegaran) akan diadakan tanggal 11 Desember pagi sampai malam,” sebutnya.

Dalam rapat persiapan terakhir itu, selain dihadiri keluarga Presiden Jokowi dan pejabat tinggi negara, juga hadir sejumlah vendor yang ditunjuk untuk menangani prosesi pernikahan Kaesang dan Erina baik yang di Yogyakarta maupun di Solo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Hadiri Rapat Persiapan Ngunduh Mantu Kaesang-Erina di Solo

Sepekan menjelang pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono, Presiden Jokowi menggelar rapat kumbokarnan di Solo. Rapat dihadiri sejumlah panitia yang terlibat dalam prosesi ngunduh mantu pernikahan di Solo.

Rapat tersebut digelar di Ndalem Wuryoningratan yang satu komplek dengan House of Danar Hadi. Pantauan Liputan6.com, Minggu (4/12/2022), Presiden Jokowi tiba lokasi sekitar pukul 09.45 WIB dengan mengendarai Alphard. Mantan Wali Kota Solo itu tampak duduk di kursi depan sambil memangku Jan Ethes Srinarendra.

Sebelumnya sejumlah pejabat tinggi pemerintahan dan negara tampak lebih dulu hadir di Ndalem Wuryoningtaran. Adapun sejumlah pejabat itu di antaranya Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjiatan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan lainnya.

Seperti diketahui prosesi ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina bakal digelar di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung pada Minggu, 11 Desember 2022, mendatang.

Usai prosesi ngunduh mantu, kedua mempelai bakal dikirab dengan kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran. Di istana kadipaten tersebut, akan dilakukam prosesi tasyakuran atau resepsi pernikahan yang bakal dihadiri ribuan tamu undangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.