Sukses

Heru Budi Sebut Pelantikan Sekda DKI Jakarta Definitif Dilakukan Akhir Januari 2023

Heru Budi Hartono telah melantik Sekda DKI Jakarta Marullah Matali sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata. Kini posisi Sekda DKI Jakarta diisi Penjabat (Pj) Sekda yang ditempati oleh Asisten Kesra Sekda DKI Uus Kuswanto.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta definitif pengganti Marullah Matali bakal dilantik paling lambat akhir Januari 2023 mendatang.

"Pelantikan Sekda yang definitif? Kalau saya tanya dengan BKD itu mungkin satu setengah bulan lah dari mulai sekarang. Desember, akhir Januari lah, kan di-bidding," kata Heru Budi saat ditemui di Taman Lapangan Banteng ditemui usai acara Jakarta Cinta Disabilitas, Sabtu (3/12/2022).

Diketahui, Sekda Marullah Matali dilantik Heru Budi menjadi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata pada Jumat, 2 Desember 2022.

Sementara itu, posisi Sekda DKI Jakarta diisi Penjabat (Pj) Sekda yang ditempati oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Uus Kuswanto.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki empat Deputi Gubernur, di antaranya Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Deputi Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman, Deputi Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi, serta Deputi Bidang Budaya dan Pariwisata.

Mengenai hal itu, Heru menyebut sementara ini Pemprov DKI Jakarta belum akan menunjuk tiga deputi lain selain Deputi Bidang Budaya dan Pariwisata.

"Sementara satu dulu," ucap dia.

Lebih lanjut, Heru menyatakan Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata akan membantunya menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur.

"Gini deputi itu kan kalau melihatnya lebih luas. Sehingga Pak Deputi Pak Marullah itu bisa membantu saya lebih luas lagi dan lebih lincah," kata Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Tugas Pj Gubernur

Heru menyatakan selama ini secara teknis Sekda hanya menyelesaikan tugas internal. Ke depan, kata Heru sebagai Deputi Gubernur, Marullah akan punya tugas lebih banyak termasuk berkomunikasi dengan pemerintah pusat.

"Sehingga kalau deputi itu kan sekali lagi itu bisa lebih luas dan tentunya tugas-tugas dari kami itu lebih banyak lagi dan bisa komunikasi kepada pemerintah pusat," kata dia.

Heru menjelaskan deputi juga akan bertugas baik di giat nasional maupun giat internasional mewakili Pj Gubernur apabila berhalangan hadir atau sudah memiliki agenda lain.

"Salah satu tugasnya itu kan sebagai bisa mewakili saya dalam tugas-tugas di luar kan banyak terkait dengan C40, terkait dengan lembaga-lembaga yang internasional lainnya. Yang selama ini kan saya waktunya tidak cukup," terang Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.