Sukses

PKS Akui Ada Komunikasi dengan KIB, Sinyal Bakal Bergabung?

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengakui ada komunikasi yang terjadi dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengakui ada komunikasi yang terjadi dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hanya saja PKS belum memberi keputusan dengan siapa akan berkoalisi. Karena masih menunggu keputusan Majelis Syuro.

"Kalau komunikasinya semua partai dengan Golkar dengan PPP dengan PAN tetap saja sama partai-partai tetap komunikasi kalau keputusannya setelah rapat Majelis Syuro," ujar Jazuli di DPR, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Langkah politik PKS akan dibahas oleh Majelis Syuro pada akhir Desember. Awal tahun akan diumumkan keputusannya.

"Lebih khusus tentang pak Anies dengan Nasdem dengan Demokrat juga intens itu masih kita tunggu saja setelah rapat Majelis Syuro akhir Desember atau awal tahun depan mudah-mudahan sudah ada pengumuman," kata Jazuli.

Namun, PKS juga masih terus berkomunikasi dengan NasDem dan Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan. Pembicaraan terus dilakukan karena banyak aspek yang dibahas.

"Masalah mengumumkan cukup satu jam selesai tetapi kita ingin soliditas ini dulu terbangun secara baik visi misi kita samakan dulu kalau koalisi enggak solid di tengah jalan repot juga kita bicara banyak hal yang harus dibicarakan," ujar Jazuli.

Anggota Komisi I DPR ini bilang, hubungan PKS dengan Anies pun terjalin bagus. Sudah terjalin lama sejak mengusung sebagai gubernur.

"Hubungan PKS dengan pak Anies bukan hubungan baru mendukung Anies menjadi gubernur kan PKS," kata Jazuli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Airlangga Ungkap Ciri Partai yang Bakal Gabung KIB

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengungkap ciri-ciri partai politik yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Awalnya, Airlangga menyebut, bahwa KIB terus berkomunikasi baik dengan partai politik lain.

Hal itu disampaikan Airlangga usai makan malam bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan,dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono. Hadir pula Waketum PAN Asman Abnur, Bendahara Umum Golkar Dito Ganinduto, dan Waketum PPP Amir Uskara.

"Nah diperkuat ini tentu kita masih bicara dengan partai-partai lainnya akan bergabung, partai yang kita masih komunikasi baik," kata Airlangga di restoran Bunga Rampai, kawasan Menteng, Jakarta, Rabu 30 November 2022.

Dalam makan malam itu, Zulhas terlihat membawa bola warna dasar putih dengan corak kecil biru dan merah. Airlangga membeberkan, parpol yang bakal bergabung ke KIB sesuai warna bola itu.

Kata dia, warna bola tersebut pun identik dengan pakaian yang sering dipakai Presiden Jokowi. Nuansa pakaian Jokowi memang sering terlihat mengenakan baju putih polos lengan panjang.

"Tentu warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini, dan juga ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai bapak presiden, yang bagian dari bola (piala dunia) itu juga," ucap Airlangga.

Namun, dirinya tidak menjelaskan detail siapa parpol tersebut. Airlangga hanya membeberkan ciri-ciri warnanya.

"Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini," tambah dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.