Sukses

4 Kabar Terkini dari Pencarian Korban Helikopter Polri Jatuh di Perairan Bangka Belitung

Memasuki hari keempat, Tim SAR gabungan telah menemukan tiga dari empat korban kecelakaan helikopter Polri yang jatuh di perairan Bangka Belitung.

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian para korban kecelakaan helikopter Polri jenis P-1103 di Perairan Manggar, Bangka Belitung terus dilakukan. Memasuki hari keempat, Tim SAR gabungan telah menemukan tiga dari empat korban kecelakaan tersebut. 

Mereka adalah Bripda Khoirul Anam, selaku mekanik helikopter, Briptu M Lasminto, selaku kopilot helikopter dan satu jenazah lainnya adalah Aipda Joko Mudo. 

"Satu lagi masih dalam upaya pencarian," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Rabu, 30 November 2022. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa proses pencarian korban kecelakaan helikopter Polri jenis P-1103 masih terus diupayakan meski terkendala cuaca.

"Upaya pencarian gabungan antara Polri dan TNI, kemudian ada Basarnas, Pemda, Tagana, dan masyarakat kurang lebih 600 orang dibagi jadi 7 wilayah di tiga titik," jelas Sigit di Mako Polisi Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu. 

Kecelakaan pesawat jenis helikopter dengan nomor registrasi P1103 tipe NBO 105 diduga dalam misi patroli dan tidak terjadwal dalam laporan penerbangan.

Sebelumnya diketahui, helikopter tersebut terbang membawa empat krunya dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah menuju Tanjung Pandan, Belitung. Tiga orang kru dilaporkan tewas usai diketahui jatuh di perairan Manggar, sementara satu lainnya masih dalam pencarian. 

Berikut deretan kabar terkini terkait pencarian korban helikopter Polri jatuh di perairan Manggar, Bangka Belitung, pada Minggu, 27 November 2022 kemarin: 

 

 

p>**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kopilot Helikopter Polri Ditemukan

Petugas gabungan yang terdiri dari Polairud Polda, Basarnas, TNI AL, BPBD, Polres Belitung Timur, berhasil menemukan satu lagi korban helikopter Polri yang jatuh di perairan Manggar, Belitung Timur.

Korban tersebut adalah kopilot Helikopter Polri P-1103 yang sempat dikabarkan lost contact atau hilang kontak saat mengudara melintasi perairan Kepulauan Bangka Belitung.

"Berdasarkan informasi terbaru, berhasil ditemukan satu orang lagi kru dari helikopter tersebut. Yakni atas nama Briptu M Lasminto yang merupakan ko pilot dari helikopter," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Menurut dia, pencarian terhadap kru helikopter jatuh itu menggunakan empat metode. Pertama, menggunakan metode pencarian di atas permukaan air laut. Juga pencarian di bawah permukaan laut.

"SSS, Site Scan Sonar, magneto meter yang dibawa oleh KRI Spika. Selanjutnya pencarian juga dilakukan menggunakan metode pencarian via udara," kata Ramadhan.

Saat ini, jenazah Briptu M Lasminto telah dievakuasi dan dibawa menuju RSUD Belitung Timur untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

"Sehingga dengan sampai saat ini, sudah ada 2 jenazah yang berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan," ucap Ramadhan.

 

3 dari 5 halaman

2. Jenazah Teknisi Pelaksana Sudah Ditemukan

Sebelumnya, petugas gabungan telah menemukan satu korban hilangnya pesawat Helikopter Polri P-1103, yang hilang kontak saat mengudara melintasi perairan Kepulauan Bangka Belitung.

Ia yang ditemukan itu diketahui atas nama Bripda Muhammad Khoirul Anam, seorang teknisi pelaksana Ditpoludara.

Kabid Humas Polda Bangka Belitung (Babel) Kombes Maladi mengatakan, helikopter yang lost contact tersebut dibawa oleh AKP Rahman atau pilot pesawat yang berisi empat orang.

"Iya (helikopter Polri P-1103, yang pilotnya AKP Rahman," kata Maladi saat dihubungi merdeka.com, Senin, 28 November 2022.

Ramadhan menjelaskan, berdasarkan informasi terakhir yang diperoleh jenderal bintang satu ini. Jenazah tersebut ditemukan berada di sekitar Pantai Burung Mandi.

"Info terakhir ada penemuan jenazah di sekitar Pantai Burung Mandi. Masih ditarik perahu nelayan. Tim identifikasi dan RSUD sudah standby di daratan," jelas Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan

4 dari 5 halaman

3. 2 Jenazah Korban Helikopter Polri Jatuh Tiba di Lapangan Terbang Pondok Cabe Tangsel

Kedatangan dua jenazah, korban jatuhnya helikopter NBO-105 di perairan Manggar, Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, disambut secara resmi di lapangan terbang Polisi Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu (30/11/2022).

Kedua jenazah atas nama Bripda Khairul Anam, selaku mekanik helikopter dan Briptu M. Lasminto, selaku kopilot helikopter, menumpang pesawat terbang Kepolisian dari Bangka Belitung dengan nomor P-4501.

Pesawat yang membawa kedua jenazah tersebut tiba di lapangan terbang Polisi Udara sekitar pukul 08.10 WIB.

Dalam penjemputan itu, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo bersama sejumlah perwira tinggi kepolisian hadir menjemput kedatang kedua korban jatuhnya helikopter tersebut.

Sebelumnya, Helikopter Polri P-1103 hilang kontak saat mengudara di tengah cuaca buruk di perairan Kepulauan Bangka Belitung. Terungkap, helikopter Polri hilang kontak usai menurunkan ketinggian untuk mengatasi kondisi cuaca tersebut. 

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menuturkan, cuaca buruk itu terjadi pukul 13.45 WIB sebelum Helikopter Polri hilang kontak.

Menurut dia, helikopter P-1103 terbang bersama pilot Helikopter P-1113. Keduanya sama-sama melewati cuaca buruk ketika terbang.

5 dari 5 halaman

4. Korban Helikopter Jatuh Total Sudah 3 Orang

Satu lagi korban jatuhnya heliopter Polri di perairang Bangka Belitung ditemukan. Korban Joko ditemukan pada Rabu, 30 November kemarin.

"Alhamdulillah kemarin kita temukan dua, dan tadi pagi kita mendapatkan informasi ada satu anggota yang ditemukan bernama Joko. Alhamdulillah saat ini kita telah berhasil menemukan tiga orang anggota kita dalam keadaan sudah meninggal," tutur Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di lapangan terbang Polisi Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu.

Jenazah Aipda Joko Mudo ditemukan di wilayah Karang Sewa, yakni kurang lebih 15 mill ke arah timur dari Pulau Bukulimau. Jenazah korban ditemukan oleh nelayan bagan asal Tanjung Binga, Kabupaten Belitung. Korban merupakan teknisi helikopter.

"Satu lagi masih dalam upaya pencarian," kata Listyo.

 

Widiyaningsih 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.