Sukses

Zulkifli Hasan Masih Bungkam soal Dugaan Titip Keponakan di FK Unila

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan disebut menitipkan keponakannya untuk menjadi mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan disebut menitipkan keponakannya untuk menjadi mahasiswa baru di Universitas Lampung (Unila).

Namun, pria yang karib disapa Zulhas itu masih membisu saat dikonfirmasi Liputan6.com soal dugaan keterlibatannya dalam kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Unila itu.

Liputan6.com mencoba mengonfirmasi hal itu melalui pesan singkat hari ini, Kamis (1/12/2022). Namun, pesan tertulis yang dikirimkan pada pukul 09.12 WIB belum mendapat balasan hingga pukul 12.00 WIB. Telepon pun tidak direspons olehnya.

Sebelumnya, awak media pun sudah mengonfirmasinya kepada Zulhas pada Rabu 30 November 2022 malam, usai pertemuan dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PAN ini memilih langsung memasuki mobil ketimbang memberi konfirmasi awak media.

Sebelumnya, nama Zulhas terungkap dalam persidangan kasus dugaan suap penerimaan mahasiswa baru Unila, dengan terdakwa Andi Desfiandi yang digelar di Pengadilan Tipikor pada PN Tanjung Karang, Bandar Lampung, Rabu 30 November 2022 kemarin.

Dalam sidang, jaksa penuntut umum pada KPK menampilkan 23 nama mahasiswa yang diduga menjadi titipan pejabat saat masuk Unila dengan salah satu namanya adalah Zulkifli Hasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Penitip

Dalam persidangan untuk terdakwa Andi Desfiandi, jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjukkan barang bukti berupa tulisan tangan Karomani yang terdapat daftar 22 nama calon mahasiswa baru hasil titipan beberapa pihak.

Berikut daftar 23 nama (inisial) mahasiswa berikut pejabat yang menitipkannya:

1. NZ titipan Utut Adianto PDIP.

2. AQ titipan Thomas Aziz Rizka.

3. KD titipan Tamanuri.

4. SNA titipan Polda Lampung Joko.

5. NA titipan Sulpakar.

6. DAR titipan Bupati Lamteng, Musa Ahmad.

7. FM titipan Asep, Pendekar Banten.

8. ZA titipan Zulkifli Hasan.

9. ZAP titipan Andi.

10. RRA titipan Anggota DPR RI Khadafi.

11. AR titipan Keluarga Banten.

12. FSW titipan WR II Asep Sukohar.

13. Ma titipan WR II Asep Sukohar.

14. AYP titipan Alzier Dianis Thabranie.

15. AZ titipan Sulaiman.

16. NT titipan Dr Z.

17. RBS titipan Mahfud Suroso pemegang Saham RS Urip Sumoharjo.

18. AF titipan Mahfud Suroso pemegang Saham RS Urip Sumoharjo.

19. M titipan Budi Sutomo Karo Perencanaan Unila.

20. MZ titipan Budi Sutomo Karo Perencanaan Unila.

21. CP titipan BA.

22. VP

23. NP titipan Thomas Aziz Rizka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.