Sukses

Ketum PAN: Hasil Pertandingan Piala Dunia Seperti Semangat KIB

Ketua Umum PAN Zulkifli Hassan menilai semangat Koalisi Indonesia Bersatu sama dengan hasil pertandingan yang diperoleh sejumlah negara di Piala Dunia Qatar 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hassan menilai semangat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sama dengan hasil pertandingan yang diperoleh sejumlah negara di Piala Dunia Qatar 2022.

"Sekarang ini lagi musim Piala Dunia. Hasil pertandingan di Piala Dunia ini sesuai dengan semangat KIB," ujar Zulhas saat memberi sambutan dalam makan malam dengan para ketua umum KIB di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Zulhas mengibaratkan PAN sebagai negara Jepang yang sempat dianggap remeh. Sementara PPP, dia mengibaratkan seperti negara Arab Saudi.

"Dari Piala Dunia kita bisa melihat, jangan pernah anggap enteng tim-tim kecil. Jepang, yang warnanya biru kaya PAN, bisa menang lawan Jerman. Arab Saudi, yang warnanya hijau kaya PPP, bisa menang lawan Argentina. Ya Kalau Brazil menang kan wajar. Yang warnanya kuning memang sudah duluan besar," ujarnya.

Terkait hal itu, Zulhas pun mengajak seluruh elemen di KIB untuk mengambil pelajaran dari hasil pertandingan itu. Dia meyakini kolaborasi antara PAN, Golkar, dan PPP akan menghasilkan kemenangan di Pilpres 2024.

"Kita jadi belajar, jangan pernah merasa kecil sebelum bertanding. Yang dianggap lebih kecil malah bisa mengejutkan dan menjadi pemenang. Kekuatan besar justru muncul dari kekuatan-kekuatan kecil yang Bersatu dan konsisten. Demikian juga KIB," ujarnya.

Lebih lanjut, Zulhas mengajak semua pihak untuk menjaga sinergitas antar partai dalam koalisi. Dia ingin KIB terus merapatkan barisan dalam menyukseskan Pemilu 2024 yang jujur, adil, transparan, dan memastikan tegaknya kedaulatan rakyat.

"Politik pada dasarnya ialah sebuah keniscayaan. Dengan politik kita semua sebagai warga negara memiliki kesempatan untuk mengatasi permasalahan bangsa, membantu tegaknya keadilan dan kesejahteraan rakyat, juga berkontribusi dalam menjaga masa depan bangsa. Mari kita semua satukan niat baik kita untuk menghadirkan bangsa dan negara yang kuat dan menjadi panutan bagi negara lain," ujar Zulhas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Perjalanan Koalisi Selalu Terjaga

Sementara itu, Zulhas juga berharap KIB layaknya bola yang dipakai di piala dunia bernama Al Rihla. Memiliki arti “Perjalanan”, dia menyebut Al-Rihla punya keunggulan sebagai bola tercepat dan paling akurat dibandingkan dengan bola resmi piala dunia sebelum-sebelumnya.

"Begitu juga kita bapak ibu, dengan semangat ke-Indonesiaan kami berharap perjalanan koalisi ini dapat selalu kita jaga agar tetap erat dan akurat," ujarnya.

Lebih dari itu, Zulhas menyerukan semua pihak untuk menularkan semangat piala dunia ini ke dalam KIB. Dia mengimbau KIB jangan pernah sekali-kali merasa kecil.

"Jika kita bersatu tentunya kita semua akan kuat. Kekuatan besar selalu muncul dari kekuatan-kekuatan kecil yang bersatu dan konsisten. Dengan kekuatan tersebut maka hasilnya pun pastinya tidakkan terduga. Oleh karenanya kami berharap di tengah rentang waktu yang semakin dekat, mari kita buat koalisi kita rekat, demi bangsa Indonesia yang erat," ujar Zulhas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.