Sukses

Fenomena Aneh Ikan Naik ke Pantai Pesisir Jakarta, Ini Kata Polisi

Sebuah fenomena tak lazim terjadi di pantai kawasan Ancol, Jakarta Utara. Ikan-ikan di perairan itu tergelepar di atas pantai.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah fenomena tak lazim terjadi di pantai kawasan Ancol, Jakarta Utara. Ikan-ikan di perairan itu tergelepar di atas pantai.

Fenomena itu diabadikan oleh warga sekitar dan viral di media sosial.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan menerangkan, pihaknya telah mengecek ke lokasi ikan naik ke pantai yang viral di media sosial.

Zulpan menyebut, fenomena itu terjadi di dekat Jalan Pantai Mutiara Regatta, Penjaringan, Jakarta Utara. Informasi yang diterima, video direkam sekitar pukul 12.30 WIB, Selasa, 29 November 2022.

"Kami cek ke lokasi dan mengumpulkan keterangan dari salah satu sekuriti apartemen. Bahwa benar bahwa telah terjadi fenomena alam berupa Ikan yang menepi ke pantai," kata Zulpan dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Dia menerangkan, dugaan sementara, naiknya ikan ke permukaan berhubungan erat dengan perubahan Iklim di laut.

"Ikan tersebut yang tidak kuat terhadap panas air laut. Dapat dipastikan penyebab menepinya ikan tersebut karena perubahan ikllm di laut dan bukan karena diracun oleh masyarakat ataupun bukan karena adanya limbah beracun," ujar Zulpan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimanfaatkan Warga

Zulpan tak menampik, fenomena alam menyedot perhatian warga sekitar termasuk nelayan. Tak sedikit, dari mereka mengambil ikan di kawasan tersebut.

"Pada akhirnya dimanfaatkan oleh masyarakat, nelayan untuk mengambil ikan-ikan yang menepi di area Pantai bebatuan pemecah ombak Apartemen Regata," ujar dia.

"Fenomena tersebut pernah terjadi di sekitar Ancol," dia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.