Sukses

Reuni 212 Digelar di Masjid At-Tin, Polisi Siapkan Skenario Arus Lalu Lintas

Polisi menyebut, estimasi massa yang datang di acara reuni 212 antara 1.500 sampai 3.000 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menyiapkan skenario pengalihan arus lalu lintas dan kantong-kantong parkir pada saat aksi Reuni Aksi 212 di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, pada Jumat (2/12/2022).

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, 650 personel Satlantas Wilayah Jakarta Timur dikerahkan untuk melancarkan arus lalu lintas selama kegiatan berlangsung.

"Kita nanti buat 2 shift. Nanti kegiatan kan jam 3 pagi maka tahap pertama akan ada apel pertama jam 9 atau 10 malam, apel antisipasi massa yang datang dari sore hari. Lalu acaranya kan diprediksi sampai salat Jumat selesai. Jadi nanti ada dua gelombang (pengamanan) biar kita fit," kata Edy, Rabu (30/11/2022).

Dia mengatakan, estimasi massa antara 1.500 sampai 3.000 orang. Menurut dia, pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional tergantung situasi di lapangan.

Mana kala situasi masih landai maka dinormalkan dahulu. Alih arus akan diberlakukan pada saat volume kendaraan padat.

"Jangan sampai masyarakat ganggu komplain dengan acara ini. Ketika ternyata di luar dugaan, tentunya kita coba buka tutup alias alih arus juga. Artinya itu kendaraan umum itu kan alur masuknya dari Jalan Garuda semua, kalau di sepanjang Garuda, Taman Mini Square termasuk di Masjid Agung At-Tin padat tentunya akan kami alihkan," ujar Edy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Edy menyebut, salah satu rekayasa dilakukan di Jalan Kramat Jati menuju ke Pondok Gede. Kendaraan diluruskan ke pintu satu.

Selain itu, dari Jalan Bambu Apus mengarah ke Garuda atau Masjid Agung At-Tin diputarkan ke arah Kampung Rambutan.

"Itu alih arus ketika di depan At-Tin kita asumsikan tidak bergerak," ujar dia.

Edy menyampaikan, pihaknya turut menyediakan kantong parkir di beberapa titik guna menghindari massa aksi parkir sembarangan di jalan raya.

"Kita siapkan kantong-kantong parkir. Kantong parkir terdekat di sana bisa menampung 200 bus kemudian di pewayangan di dalam untuk roda dua bisa 1.500. Artinya itu cukup tidak berdampak di jalan-jalan pada parkir sembarangan," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.