Sukses

Padang Panjang Siap Sambut 100 Penyair dari Berbagai Negara ASEAN Hadiri TPAT

Sebanyak 100 penyair dari berbagai negara di Asia Tenggara akan menghadiri acara tersebut.

Liputan6.com, Padang Panjang Gelaran Temu Penyair Asia Tenggara (TPAT) berlangsung. Kali ini, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menjadi tuan rumah dari acara yang dilaksanakan pada 30 November sampai 3 Desember 2022. Sebanyak 100 penyair dari berbagai negara di Asia Tenggara akan menghadiri acara tersebut.

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran pun mengucapkan selamat datang kepada seluruh penyair dan peninjau TPAT yang akan mengikuti kegiatan mulai 30 November malam.

"Sebagai kota literasi, tentunya kegiatan yang berkaitan dengan sastra, seni dan budaya harus tetap dipertahankan," ujarnya, Selasa (29/11/2022).

Ia juga berharap kegiatan ini dapat menimbulkan gagasan serta mempertajam dan mengembangkan intelektual menuju masa depan depan yang lebih matang.

"Semoga berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi kita bersama," sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Selain itu, Fadly juga berharap TPAT 2022 ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di Padang Panjang. Sebab, seniman dan penyair akan menginap di rumah-rumah warga, yang menjadi desa wisata.

"Penyair hadir menginap di rumah warga dan sekali lagi pandang panjang itu tidak terlalu banyak opsi tempat penginapan," katanya.

"Kita berharap tentu perputaran ekonomi berjalan karena ini berbarengan dengan Padang Panjang Art festival kita mengundang seniman datang ke kota Padang Panjang," tambah Fadly.

Sementara, dukungan juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Ia mengucapkan selamat atas terselenggaranya TPAT 2022.

"Kegiatan ini digelar di kubu gadang yang merupakan desa wisata. Desa wisata favorit saya," ujarnya.

Para peserta TPAT nantinya juga akan menginap di homestay di sekitar Kubu Gadang. Sandiaga menyebut, di sana tempat yang sangat indah, para peserta akan menikmati keindahan Gagari Kubu Gadang.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.