Sukses

Airlangga Dinilai Layak Sebagai Bapak Ekonomi Kerakyatan, Apa Kata Golkar?

Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sudah layak menyandang julukan Bapak Ekonomi Kerakyatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian), memiliki tugas sebagai ujung tombak stabilitas laju pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya, adalah dengan memperkuat sektor koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Melihat tugas Airlangga tersebut, Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin, menyebut bahwa ketua umum Partai Golkar sudah layak menyandang julukan Bapak Ekonomi Kerakyatan.

"Harus diakui dengan pengalaman dan jam terbang Pak Airlangga Hartarto, dalam menjaga perekonomian Indonesia sudah terbukti. Saya kira wajar kalau Pak Airlangga Hartarto pantas disebut sebagai Bapak Ekonomi Kerakyatan," tulis Ujang melalui keterangan tertulis diterima, Senin (28/11/2022).

Ujang juga mencatat, Airlangga kerap memberi dukungan kepada kelompok ekonomi kerakyatan dengan menghadiri dan mensupport kegiatan-kegiatan UMKM di seluruh Indonesia, seperti baru-baru ini Airlangga Hartarto menghadiri Festival UMKM dan Gebyar Pasar Rakyat yang diselenggarakan Kosgoro 1957 di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Ini artinya Pak Airlangga paham betul mengenai sektor-sektor perekonomian masyarakat kecil yang mampu menopang perekonomian secara nasional seperti koperasi dan UMKM, karena memang sektor inilah yang menguatkan perekonomian nasional kita saat ini," jelas Ujang.

Ujang meyakini, kriteria pemimpin Indonesia ke depan setidaknya memiliki kemampuan dalam mengelola dan menjaga pertumbuhan perekonomian nasional. Apalagi, Jokowi sudah gamblang menyebutkan, pemimpin Indonesia di masa depan haruslah seseorang yang memiliki jam terbang yang tinggi.

"Pidato Pak Jokowi di HUT Golkar tempo hari bilang Pak Airlangga pemimpin yang memiliki jam terbang yang tinggi, bisa jadi itu sinyal Pak Jokowi mengapresiasi kinerja Pak Airlangga," nilai Ujang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Golkar

Menanggapi pernyataan Ujang, Ketua DPP Partai Golkar Lamhot Sinaga mempersilakan jika publik menilai Airlangga Hartarto sebagai Bapak Ekonomi Kerakyatan. Menurut dia, penilaian publik yang objektif adalah hal yang sah-sah saja.

"Silakan saja publik menilai seperti itu, toh Ketum Golkar kami yang juga Menko Perekonomian Pak Airlangga Hartarto tanpa harus diberi label apapun, beliau memang fokus dan concern pada ekonomi kerakyatan," kata Lamhot saat dikonfirmasi terpisah.

Lamhot menilai, anggapan publik bahwa Airlangga Hartarto sebagai Bapak Ekonomi Kerakyatan bisa saja didasari keberhasilannya dalam membawa perekonomian Indonesia kembali tumbuh setelah sebelumnya sempat minus akibat tekanan pandemi.

"Kontribusi Pak Airlangga membuat Indonesia kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Ditambah kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil terkendali bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia bisa saja ini yang membuat publik memberikan apresiasi dan memberi label Airlangga Hartarto sebagai Bapak Ekonomi Kerakyatan," pungkas pria yang juga merupakan anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.