Sukses

Tim SAR Kembali Temukan Jenazah Baru Korban Gempa Cianjur

Deputi III Tanggap Darurat BNPB Mayjen Fajar Setiawan menyebut tim SAR kembali menemukan jenazah korban gempa bumi magnitudo 5,6 di Kabulaten Cianjur, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Deputi III Tanggap Darurat BNPB Mayjen Fajar Setiawan menyebut tim SAR kembali menemukan jenazah korban gempa bumi magnitudo 5,6 di Kabulaten Cianjur, Jawa Barat.

Jenazah baru yang berhasil diangkat dari reruntuhan puing sebanyak 8 orang.

"Adapun hasil pencarian hari ini 8 jiwa per pukul 17.00 sore tadi," ujar dia dalam jumpa pers virtual, Sabtu (26/11/2022).

Tak hanya itu, dia menyebut pihaknya juga sudah mengidentifikasi dua jenazah yang ditemukan sebelumnya di Warung Sate Shinta. Dua jenazah itu diketahui merupakan warga Cidejil, Cianjur.

Dengan 10 jenazah baru teridentifikasi, maka korban yang dinyatakan hilang akibat Gempa Cianjur yakni 14 orang.

"Sedangkan untuk korban hilang 14 jiwa, dengan rincian 24 jiwa dikurangi 8 pencarian atau yang ditemukan dan dua korban di Warung (Sate) Shinta yang kemaren merupakan Warga Cidejil," kata dia.

Sementara perwakilan Basarnas Josua menyebut delapan jenazah yang berhasil ditemukan dan diangkat sudah diberikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk proses identifikasi.

Dia menyebut, dalam pencarian jenazah hari ini terdapat kendala.

"Kendala yaitu hujan, dan tadi pagi itu di atas bukit ada pipa PDAM jebol, dan aliran cukup deras, jadi fokus kita sempat beralih untuk membuat tanggul sementara karena airnya sangat melimpah dan berisiko jika air mengarah ke rekan-rekan yang sedang melakukan pencarian," kata dia.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Korban Bertambah

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali mengabarkan jumlah korban jiwa tragedi gempa bumi magnitudo 5,6 yang terjadi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Deputi III Tanggap Darurat BNPB Mayjen Fajar Setiawan mengumumkan adanya penambahan korban meninggal sebanyak delapan orang. Sehingga, total korban meninggal akibat gempa bumi Cianjur berjumlah 318 jiwa.

"Korban Jiwa meninggal 318 orang," ujar dia dalam jumpa pers virtual, Sabtu (26/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).

    Gempa Cianjur

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.

    cianjur

  • BNPB adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

    BNPB

  • SAR