Sukses

Top 3 News: Gempa 2 Kali Getarkan Cianjur pada Kamis 24 November 2022

Menurut BMKG, saat gempa pertama terjadi di Cianjur, lindu menggoyang wilayah tersebut dengan kekuatan magnitudo 2,2. Gempa terjadi pada pukul 04:48:21 WIB, dengan pusat lindu terjadi di darat.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi kembali getarkan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pada Kamis kemarin, 24 November, ada dua lindu yang terjadi. Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kedua gempa tersebut masing-masing berkekuatan magnitudo 2,2.

Saat gempa pertama terjadi pada pukul 04:48:21 WIB, getarannya dirasakan dalam skala II MMI (Modified Mercally Intensity) di Cianjur dengan lindu berada di kedalaman 5 kilometer.

Sementara, lindu kedua menurut catatan BMKG terjadi pada pukul 17:05:27 WIB. Getarannya dirasakan hingga Cugenang dalam skala II MMI.

Untuk diketahui, korban gempa Cianjur hingga hari ini masih terus bertambah. Hingga Kamis kemarin, total sementara mencapai 272 jiwa. Dari jumlah tersebut, baru 165 jenazah yang teridentifikasi.

Berita terpopuler kedua terkait kebakaran yang terjadi di Gedung Baintelkam Mabes Polri. Saat api melalap bangunan tersebut pada Kamis, 24 November kemarin, sebanyak 16 unit mobil pemadam diturunkan.

Ada pun peristiwa itu terjadi pada Kamis malam, sekitar pukul 19.55 WIB. Hingga pukul 23.44 WIB, api mulai dapat dikendalikan dan langsung dilakukan upaya pendinginan. 

Dari hasil penyelidikan polisi, belakangan diketahui asap yang timbul dari Gedung Baintelkam Mabes Polri, Jakarta Selatan, bukan berasal dari api, melainkan korsleting baterai uninterruptible power supply (UPS). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis, 24 November 2022:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gempa Hari Ini Kamis 24 November 2022 Guncang Maluku Tengah, Bengkulu dan Cianjur

Gempa bumi kembali getarkan sejumlah wilayah di Indonesia. Hingga pukul 20.00 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan ada tiga lindu yang terjadi hari ini, Kamis (24/11/2022). 

Gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terjadi dua kali, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dan Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Menurut catatan BMKG, saat gempa pertama terjadi di Cianjur, lindu menggoyang wilayah tersebut dengan kekuatan magnitudo 2,2. Gempa terjadi pada pukul 04:48:21 WIB, dengan pusat lindu terjadi di darat.  

Sementara, lokasi gempa terletak pada koordinat titik 6,81 Lintang Selatan (LS) dan 107,14 Bujur Timur (BT). Atau lebih tepatnya di 1 km timur laut Kabupaten Cianjur.

Saat terjadi gempa, getarannya dirasakan dalam skala II MMI (Modified Mercally Intensity) di Cianjur dengan lindu berada di kedalaman 5 kilometer.

Sedangkan gempa bumi kedua terjadi sore tadi, pukul 17:05:27 WIB. Bermagnitudo 2,2, getarannya kali ini dirasakan hingga Cugenang dalam skala II MMI.

"Pusat gempa berada di darat 5 km barat laut Kabupaten Cianjur," jelas BMKG. 

Lokasi gempa terletak pada koordinat 6,78 LS dan 107,11 BT. Lindu dilaporkan berada di kedalaman 10 kilometer.

Lewat laman resminya, BMKG juga mengungkap gempa hari ini juga mengguncang Mukomuko, Bengkulu. Lindu terjadi pada pukul 09:11:26 WIB dengan magnitudo 5,1.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gedung Baintelkam Mabes Polri Kebakaran, 16 Unit Mobil Pemadam Dikerahkan

Kebakaran terjadi di Mabes Polri Jakarta pada Kamis malam, 24 November 2022. Kebakaran di Gedung Baintelkam Mabes Polri itu terjadi pada pukul 22.15 WIB.

"Iya betul kebakaran. Ada 16 unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi," kata Petugas Sudin Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan, Indra saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (24/11/2022).

 Hingga kini, petugas masih berjibaku di lokasi kejadian. Meski begitu, api sudah dapat ditangani oleh para petugas pemadam kebakaran.

"Saat ini api sudah dipadamkan, masih menghilangkan asap. Proses pendinginan," kata dia.

 

Selengkapnya... 

4 dari 4 halaman

3. Kronologi Kebakaran di Gedung Baintelkam Mabes Polri

Menurut Kadis Damkar DKI Jakarta Satriadi, pada peristiwa kebakaran pukul 19.55 WIB, api sudah dapat dikendalikan dengan apar. Namun begitu, beberapa jam kemudian api kembali membesar.

"Awal mula kebakaran pada pukul 19.55 WIB, sudah dipadamkan apar oleh kantor. Kemudian dicek tidak ada lagi, kemudian anggota kembali ke pos. Kemudian sekitar jam 22.15 WIB itu kita dapat berita ternyata ada penyalaan kembali di lokasi tersebut," kata Satriadi kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Dia mengatakan, hingga pukul 23.44 WIB, api sudah dapat dikendalikan. Petugas saat ini tengah melakukan penyedotan asap melalui alat robotik, yang kemudian dilakukan pendinginan.  

"Kemudian kta sampai saat ini sudah pemadaman, kalau di lokasi sekarang sudah tidak ada titik api lagi, hanya tingggal asap saja, pendinginan," kata dia.

Untuk memadamkan api tersebut, kata dia, belasan unit pemadam kebakaran dikerahkan. Selain itu, juga puluhan personel diturunkan.

"16 unit pemadam dikerahkan dengan 65 personel," ujar Satriadi.

Hingga saat ini, dirinya belum dapat memastikan terkait ada tidaknya korban dalam kebakaran Mabes Polri tersebut.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.