Sukses

Reaksi Wapres Ma'ruf Amin soal Banyak Kejutan di Piala Dunia 2022: Kebangkitan Asia

Wakil Presiden Ma'ruf Amin ikut mengomentari sejumlah kejutan yang terjadi di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin ikut mengomentari sejumlah kejutan yang terjadi di Piala Dunia 2022.

Di mana yang mencuri perhatian adalah kemenangan Arab Saudi akan Argentina, serta Jepang yang berhasil menaklukan Jerman.

Menurut dia, ini tanda-tanda akan kebangkitan sepak bola Asia.

"Kalau menurut saya itu fenomena baru ya, fenomena baru dan itu kebangkitan Asia saya kira," kata Ma'ruf di Garut, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Selain Asia, dia menilai, sepak bola Afrika juga bisa bangkit. Jika itu terjadi, maka sepak bola dunia sudah tidak di dominasi oleh Eropa.

"Mungkin juga Afrika. Kita lihat nanti Afrika, artinya kalau itu terjadi kontelasi persepakbolaan itu akan berubah, tidak hanya didominasi oleh Eropa maupun Amerika Latin," ujar Ma'ruf.

"Ternyata Asia juga berpotensi mengambil peran penting dalam pesepakbolaan global. Itu barangkali itu suatu fenomena baru, nah ini kita ikuti nanti," sambungnya.

Menurutnya, kemenangan sepak bola negara-negara Asia menunjukkan adanya prestasi. Kata Ma’ruf, negara juara elit kemungkinan mengalami penurunan performa.

"Apakah klub klub Asia ini memang prestasinya naik, sehingga menyamai bahkan mengalahkan atau memang klub yang elit dulu itu sudah mengalami degradasi penurunan sehingga akan terjadi perubahan situasi barangkali itu," kata dia.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Argentina Kalah

Piala Dunia selalu menyajikan kejutan-kejutan yang terkadang jauh dari prediksi sebelum pertandingan. Termasuk Piala Dunia 2022 yang memperlihatkan kekalahan favorit juara oleh non-unggulan.

Tumbangnya Argentina di tangan Arab Saudi adalah kejutan di awal Piala Dunia Qatar. Pada laga hari Selasa, 22 November 2022, Lionel Messi cs dipaska bertekuk lutut 1-2 oleh Arab Saudi.

Hasil ini jelas sangat mengejutkan. Jika menilik statistik, perbandingan antara Argentina dan Arab Saudi bagai langit dan bumi.

Sebelum Piala Dunia bergulit, Argentina mencatatkan 36 pertandingan atau dalam jangka waktu tiga tahun tidak merasakan kekalahan.

Sementara Arab Saudi hanya bisa mencatatkan 3 kemenangan saja dari 16 pertandingan di Piala Dunia, dengan total poin hanya 11.

Karena dari itu, sudah selayaknya Argentina jadi unggulan di laga kemarin. Apalagi Lionel Messi sukses mencetak gol cepat dari titik penalti di babak pertama.

Namun, penampilan fantastis Arab Saudi di babak kedua membalikkan keadaan. Gol Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari sukses membuahkan kemenangan keempat mereka sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Dunia.

Kemenangan Arab Saudi atas Argentina kemarin adalah sebuah prestasi yang layak dirayakan oleh negeri Jazirah Arab tersebut.

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.