Sukses

Bantu Penanganan Gempa Cianjur, Antam Kerahkan 12 Personel ERG

PT Aneka Tambang Tbk (Antam), anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, di bawah tim Siaga Bencana Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN menurunkan Tim Emergency Response Group (ERG), (22/11/2022).

Liputan6.com, Jakarta Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21.10 WIB. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (22/11/2022) pukul 17.00 WIB, korban meninggal akibat gempa mencapai 268 jiwa, yang teridentifikasi 122 jenazah, hilang 151 orang, dan korban luka mencapai 1.083 orang.

Selain itu terdapat 12 kecamatan yang terdampak gempa, antara lain Kecamatan Cianjur, Kecamatan Karang Tengah, Kecamatan Warung Kondang, Kecamatan Gekbrong, Kecamatan Cugenang. Lalu Kecamatan Cilaku, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Sukaresmi, Kecamatan Bojong Picung, Kecamatan Cikalong Kulon, Kecamatan Sukaluyu, dan Kecamatan Pacet. 

Menanggapi bencana gempa bumi tersebut, PT Aneka Tambang Tbk (Antam), anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, di bawah tim Siaga Bencana Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN menurunkan Tim Emergency Response Group (ERG), kemarin (22/11/2022).

Direktur Operasi dan Produksi Antam, Dewa Wirantaya memaparkan bahwa sebagai bentuk awal tanggap darurat bencana, perusahaannya mengirimkan dua belas personil ERG ANTAM yang terdiri dari coordinator and technical team leader, supporting, rescuer, tim medis, dan logistik untuk membantu proses penanganan dan pemulihan korban Gempa Cianjur.

“Dua belas personel yang merupakan pegawai Antam dari beberapa unit bisnis dan ini akan membantu tim Siaga Bencana Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN," ungkapnya.

"Saat ini tim telah melakukan perintisan jalur ke Cianjur dan telah berkoordinasi dengan Satgas BUMN dan Tim Siaga bencana Kementerian ESDM,” tambah Dewa.

Ia pun berharap, dengan kehadiran ERG dan bantuan logistik yang disiapkan Antam dapat membantu upaya pemerintah dalam percepatan penanganan Gempa Cianjur.

“Tim ERG Antam dilengkapi dengan peralatan tanggap darurat termasuk medical supply dan obat-obatan yang diharapkan dapat membantu meringankan beban para warga yang tertimpa musibah ini,” paparnya.

“Pada tahap awal ini, kami akan melakukan pemetaan dan koordinasi dengan pihak-pihak khususnya stakeholder setempat dan Kementerian terkait untuk rencana penanganan bencana Gempa Cianjur,” tutup Dewa.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).

    Gempa Cianjur

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Advertorial

  • antam