Sukses

Cuaca Hari Ini Rabu 23 November 2022, Siang Sore Waspada Hujan Petir di Jabodetebek

Cuaca cerah berawan juga terjadi di ketiga daerah penyangga Jakarta yang meliputi Bogor, Bekasi serta Depok. Sementara, wilayah Tangerang diperkirakan berawan pagi ini.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca cerah berawan terjadi di seluruh wilayah DKI Jakarta pagi ini, Rabu (23/11/2022). 

Siang dilaporkan BMKG bakal turun hujan intensitas ringan dan di sebagian titik berpotensi dibarengi petir. 

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir di sebagian wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore menjelang malam hari," kata BMKG diperingatan dini cuaca hari ini, Rabu. 

Cuaca cerah berawan juga terjadi di ketiga daerah penyangga Jakarta yang meliputi Bogor, Bekasi serta Depok. Sementara, wilayah Tangerang diperkirakan berawan pagi ini. 

Siang hujan merata turun di setiap wilayah dan berpotensi disusul petir dan angin kencang hingga malam nanti. Kondisi tersebut bakal terjadi di sebagian wilayah Depok, Bogor, dan Bekasi.  

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada rentang waktu siang/sore hingga malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab dan Kota Bekasi," jelas BMKG. 

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Selatan   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Petir
 Jakarta Timur   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Petir
 Jakarta Utara   Cerah Berawan   Cerah Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu   Cerah Berawan   Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Bekasi   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Sedang
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Bogor   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
Tangerang Berawan Hujan Ringan Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4 Hal Penting Ini Harus Diperhatikan Saat Cuaca Ekstrem

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau agar masyarakat bersiap dan mengantisipasi bencana hidrometeorologi seperti banjir, pohon tumbang, angin kencang, hingga tanah longsor.

BPBD DKI Jakarta mengingatkan empat hal penting yang dilakukan masyarakat dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Pertama, masyarakat perlu menyiapkan perlindungan diri, terutama bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan. Perlindungan diri yang dimaksud misalnya membawa payung, jaket, topi, ataupun jas hujan.

"Kedua, bagi para pejalan kaki dan pengguna kendaraan agar menjauhi area sekitar saluran air atau gorong-gorong terbuka untuk menghindari terjadinya kejadian terperosok," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (11/11/2022).

Hal ketiga adalah rutin memantau informasi cuaca yang disampaikan BPBD DKI Jakarta melalui website bpbd.jakarta.go.id dan media sosial seperti Jnstagram, Twitter, Facebook, Telegram.

"Keempat, manfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemprov DKI Jakarta dengan telepon ke nomor 112 dan gunakan aplikasi JAKI untuk melaporkan kejadian banjir atau genangan yang terjadi di sekitarnya," tambah Isnawa.

3 dari 3 halaman

Hingga Akhir 2022

Untuk diketahui, kondisi cuaca ekstrem diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir 2022. Adapun puncaknya diperkirakan akan terjadi pada Januari-Februari 2023.

Isnawa juga mengungkapkan, dalam kurun waktu seminggu terakhir, terjadi beberapa kejadian pohon tumbang.

"Menurut data Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI, terjadi sebanyak 24 kejadian pohon tumbang dengan rincian Jakarta Selatan sebanyak 23 kejadian dan Jakarta Utara sebanyak 1 kejadian dalam kurun waktu tanggal 3-9 November 2022. Juga sempat terjadi pohon tumbang di Halaman Balai Kota akibat hujan yang disertai angin kencang pada Kamis (10/11) sore," jelas Isnawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.