Sukses

Gempa Guncang Rapat Kerja Komisi II DPR, Mendagri Panik Anak Buah Berzikir

Gempa berkekuatan 5,6 SR juga terasa hingga Gedung DPR RI. Rapat kerja Komisi II DPR RI bersama Kemendagri pada Senin (21/11/2022) pun diskors.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 5,6 SR juga terasa hingga Gedung DPR RI. Rapat kerja Komisi II DPR RI bersama Kemendagri pada Senin (21/11/2022) pun diskors.

Saat gempa terjadi, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri  Safrizal sedang memapakan penyelesaian batas daerah.

“Interupsi ketua, gempa,” ucap salah satu anggota Komisi II.

Wajah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian terlihat panik ketika gempa terjadi. Sementara Safrizal menghentikan paparan dan mengucapkan kalam tauhid selama gempa.

“Laa ilaha illallaah..” ucapnya berkali-kali.

Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia kemudian menunda rapat selama tiga menit. “Tiga menit ya tunggu,” tutupnya

Diketahui, gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat hari ini, Senin (21/11/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat lindu terjadi pada pukul 13:21:10 WIB.

Ada pun gempa dilaporkan BMKG berkekuatan magnitudo 5,6.

Sementara, lokasi gempa terletak pada koordinat titik 6,84 Lintang Selatan (LS) dan 107,05 Bujur Timur (BT). Atau lebih tepatnya di 10 kilometer barat daya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Gempa Cianjur berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan resmi dari otoritas setempat terkait dampak yang ditimbulkan akibat gempa Cianjur ini. Namun gempa dirasakan di sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Berikut ini yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan sesudah gempa bumi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terasa di Bogor

Gempa magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/112022). Warga Bogor pun merasakan getaran gempa yang cukup kuat.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa magnitudo 5.6 terjadi pada pukul 13.21 WIB. Pusat gempa berada di darat 10 Km barat daya Kabupaten Cianjur.

"Tadi sempat terasa sangat keras, bahkan cukup lama," ucap Andri Novian (36) warga Ciriung, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Senada juga diutarakan Wianah (57), warga Malabar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Ia mengungkapkan guncangan sangat terasa hingga membuat jam tempat tidur bergoyang.

"Baru rebahan di tempat tidur, tiba-tiba terasa kaya yang digoyang-goyang gitu, saya langsung bangun," kata Wianah.

Rifki Septian juga merasakan hal yang sama. Saat sedang mengerjakan tugas, kursinya bergoyang. Ia kemudian bergegas keluar dan kembali merasakan bumi bergoyang.

"Tahu terjadi gempa, saya keluar rumah. Pas berdiri terasa lagi ada guncangan. Sepertinya dua kali gitu," kata Rifki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).

    Gempa Cianjur

  • Gempa Jakarta

  • Gempa Terkini

  • DPR RI